Oleh: Supriyanto Liwa | 22 November 2017

Matlab Live Editor

Edisi menarik Matlab Live Editor 

Ada yang menarik dari MATLAB versi 2016b keatas, yaitu hadirnya MATLAB live editor. Tools ini mirip dengan notebook di python. Kalau dulu kita menuliskan program dalam bentuk ekstensi .m, maka ini ekstensinya .mlx. Pada live editor ini, kita bisa mengeksekusi program langsung di halaman tempat kita menuliskan program. Bahkan kita bisa melayout sesuai keinginan sendiri program MATLAB yang kita buat. Gambar berikut adalah contoh tampilan dari MATLAB live editor.

MATLAB yang saya pakai adalah versi 2017b, yang lisensinya dibeli oleh sensei saya dengan beberapa toolbox didalamnya. Tadinya saya hanya tertarik menggunakan neural network toolbox, tapi setelah membaca-baca ternyata ada live editor yang cukup menarik. Apalagi backround saya yang biasa programming di PHP dan notepad.

Matlab R2016a fig1

Dengan menggunakan live script ini kita dapat menampilkan program bersama dengan text, images dan hyperlinks dan equation dalam halaman interaktif. Untuk contoh-contoh menggunakan live editor MATLAB ini bisa anda buka di Documentation yang disediakan oleh Matworks.

Saya akan berikan contoh-contohnya nanti setelah saya coba satu persatu tools yang tersedia. Semoga nanti bermanfaat untuk kita semua.

Tsukuba, 24 November 2017
Supriyanto
debasupriyanto@apps.ipb.ac.id

Iklan

Responses

  1. Assalamualaikum pak mohon maaf saya ingin konsultasi terkait pengalaman di tsukuba

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: