Oleh: Supriyanto Liwa | 4 Desember 2016

Mout Tsukuba, aku datang dengan sepeda

Yeaaa.. Alhamdulillah kemarin (Sabtu, 3 Desember 2016) saya berkesempatan mengunjungi mount tsukuba dengan menggunakan sepeda. Ya, perjalanan kami mulai seperti biasaya dari Ichinoya Dormitory. Kali ini tujuan utama perjalanannya adalah jalan-jalan ke daerah kampung sekitar Tsukuba. Tadinya hanya ingin lihat view Mount Tsukuba dari jarak jauh. Kamipun mengayuh sepeda menuju jalan utama menuju mount tsukuba. Perjalanan kami bagi dua: pertama dengan sepeda sampai Tsukubasan Shrine, kemudian dengan Cable Car dari Tsukuba san ke puncak Tsukuba.

untitled

Perjalanan dari Ichinoya menuju Tsukubasan Shrine ditempuh sejauh 12 km. Namun setelah sampai di kaki gunung Tsukuba, perjalanan menanjak. Akhirnya karena kami tidak kuat mengayuh sepeda, kamipun menuntut sepeda kami.

Setelah mengikuti jalan utama menuju Mount Tsukuba kami sampai di pintu gerbang Tsukubasan Shrine, ini adalah salah satu jalur menuju puncak mount Tsukuba, baik dengan menggunakan cable car maupun hiking. Kami memilih cable car.

Sesampainya di Tsukubasan Shrine kami parkir sepeda dan naik Cable Car. Tiket Cable car adalah 1.050 pergi dan pulang untuk dewasa dan anak2 harga separuhnya.

Cable car ini, penampakannya mirip dengan kereta, tapi bedanya yang ditarik adalah sebuah cable terbuat dari baja dari puncak gunung Tsukuba untuk menjalankan kereta ini. Suasana di kereta begitu menegangkan. Berjalan di jalur yang cukup terjal, ditengah perjalanan ada satu persimpangan yang akan bersimpangan antara cable car dari atas dan cable car dari bawah. Jadwal sudah ditentukan agar kedua cable car bertemu di titik ini untuk bersimpangan. Perjalanan ditempuh tidak lebih dari 10 menit. Kereta ini dijadwal selama 20 menit sekali. Gambar berikut adalah stasiun di puncak mount Tsukuba.

Selanjutnya kami menikmati suasana gunung Tsukuba dengan naik ke sebuah bangunan (mirip toko dan rumah makan). Lantai 3 nya adalah tempat yang baik untuk menikmati view Gunung Tsukuba. Dari atas gunung ini, kita bisa menikmati suasana Tsukuba dan sekitarnya termasuk Danau Kasumigaura yang telah kami kunjungi sebelumnya dengan sepeda dapat dilihat dari atas gunung ini.

Selain itu, pemandangan disekitar gunung 360 derajat tampak Indah. Tentu saya sangat menikmati suasana ini, karena sudah lama sejak lulus kuliah tak lagi adventure mendaki gunung. Kali ini tak saya sia-siakan untuk menimati dan duduk sebentar sekedar melihat sekeliling. Banyak diantara wisatawan yang memilih menggunakan BUS dari Tsukuba Center (Tsukuba Station) kemudian hiking menuju puncak gunung Tsukuba. Suasana begitu ramai pada hari itu, maklum hari itu adalah hari Sabtu (hari libur). Suatu saat, saya ingin merasakan hiking ke gunung ini atau bahkan Gunung Fuji (tertinggi di jepang).

Tak terasa, sampailah kami diwaktu asyar dan karena takut kesorean kamipun turun dan pulang. Tak rela sebenarnya, karena masih ingin lihat keindahan dari mount Tsukuba. Betapa Allah ciptakan alam yang begitu Indah dan masyarakat juga menjaganya agar tetap lestari di Gunung ini.

Sesampainya di bawah (Stasiun cable car) kami berjalan menuju Tsukuba Shrine. Sepertinya shrine ini sudah cukup tua usianya disini. Ya, tentu saya sempatkan foto sebentar disini sebelum kami menuju parkiran sepeda kami tadi untuk selanjutnya down hill. Ya, memang untuk downhill ini butuh nyali yang bagus dan tentu tidak cukup hanya nyali tapi kondisi rem yang bagus. Kalau remnya blong bisa dibayangkan tentu pengendara akan masuk jurang.

Perjalanan indah ini tentu akan menjadi kenangan tersendiri. Nantikan perjalanan-perjalanan selanjutnya di seputaran jepang dan Tsukuba. Mari-mari join dengan kami disini.

Terima kasih untuk mas Nandang, atas foto-fotonya. Karena saya pada perjalanan ini ketinggalan hp di rumah. Jadi tidak sempat mengabadikan perjalanan ini dengan kamera saya sendiri. he he …