Oleh: Supriyanto Liwa | 15 November 2016

Musim gugur Tsukuba – Ibaraki part 2

Kali ini saya bermaksud memposting hasil observasi di musim gugur di seputaran University of Tsukuba. Musim gugur kali ini datang di bulan Oktober s.d. November. Yang paling terasa pada musim gugur adalah berubahnya warna daun menjadi kuning atau merah. Ada beberapa tanaman yang berubah menjadi merah dan ada yang kunging. Selanjutnya daun itupun berguguran. Pada musim gugur ini, kadang juga diikuti dengan hujan. Seperti hari ini, hujan dari pagi yang membuat jadi mager (males gerak). Suhu udaranya pun cukup dingin baik di siang hari maupun malam hari.

Nah foto pertama ini adalah gerbang kampus. Suasana gerbang kampus ini tampak biasa saja. Hanya ada sebuah tugu huruf T yang bertuliskan University of Tsukuba. Ini mungkin ada kaitannya dengan kebiasaan orang Jepang yang membuat sesuatu tampak sederhana dan alami. Kiri kanannya masih terdapat banyak pohon, hal ini umum di fasilitas publik di kota Tsukuba ini. Hampir semua research center juga begini tampilannya.

img_2395

Nah kalau ini foto dari belakang tugu, saya mengambil gambar nempel langsung di tugu. Sebelah kiri ada pos keamanan (satpam). Tapi disini tidak memerlukan pintu keamanan yang ketat, saya kurang tau apakah karena memang aman atau memang budaya mereka seperti ini. Tapi selama disini alhamdulillah cukup aman.

img_2385\

Nah, kalau ini adalah jalan lingkar dalam kampus. Jalan ini dilalui oleh bis lingkar kampus yaitu bis nomer 10 dan C10 dari Tsukuba Center. Anda bisa menggunakan bis ini dengan ongkos 600 yen sekali jalan sampai tujuan terjauh.

img_2456

Jalan Utama Lingkar Kampus Tsukuba

img_2447

 

Oke sementara itu dulu ya, foto-foto yang terkait dengan musim gugur di University of Tsukuba dan Tsukuba sekitarnya. Tunggu saja postingan berikutnya.

 


Kategori

%d blogger menyukai ini: