Oleh: Supriyanto Liwa | 31 Mei 2020

Manfaat Citation Manager Mendeley

Setelah 4 tahun menggunakan mendeley sebagai perangkat sitasi. Saatnya mulai merapikan foldernya. Saat sekolah S3, topik yang digeluti ya itu-itu saja.

Sebagai pengajar, kadangkala mahasiswa bertanya pada topik-topik yang beraneka ragam. Perangkat Mendeley ini, jadi salah satu media selain sebagai citation manager, juga bisa dijadikan sebagai perpustakaan (library). Dalam menulis paper, hampir wajib menggunakan citation manager ini agar lebih cepat dalam menyusun daftar sitasi. Selain itu, kita juga mudah menelusuri kembali paper yang kita sitasi kalau dibelakang ada kesalahan.

Paper atau Karya Ilmiah itu apa?

Paper atau karya ilmiah adalah laporan hasil penelitian yang tulis dan dievaluasi (review) oleh mitra bestari kemudian diterbitkan pada Jurnal Ilmiah.

Jurnal ilmiah ditulis dalam berbagai bahasa diantaranya: Indonesia, Inggris, Jerman, Jepang dan berbagai bahasa lainnya. Disebut jurnal internasional karena ditulis dalam bahasa PBB.

Lalu siapa pembaca dari paper? Umumnya adalah peneliti juga dari berbagai negara. Agar tidak melakukan penelitian yang sama berulang tanpa ada kontribusi baru terhadap ilmu pengetahuan.

Selain itu, industri juga banyak membaca paper untuk mengembangkan model, sistem, atau produk baru. Setelah mendapatkan insight dari paper ini, mereka akan melakukan R&D lanjutan yang bisa saja bekerja sama dengan penulis paper yang berkaitan.

Lalu apakah prosiding seminar (conference) juga paper ?

Sudah sejak lama, seminar diadakan baik level nasional dan internasional. Seminar ini bukan seminar yang kita hanya mendengarkan, tapi tempat berkumpulnya para peneliti untuk saling berbagi melalui presentasi langsung atau poster.

Bedanya nasional dan internasional terletak pada bahasanya, dimana nasional dengan menggunakan bahasa lokal dan internasional menggunakan bahasa PBB.

Selain presentasi, peserta diminta menyiapkan paper yang ditulis untuk diterbitkan pada prosiding. Prosiding ini ada yang online dan cetak. Saat ini, karena era digital maka prosiding diterbitkan secara online dan ini juga disebut paper.

Namun, paper yang diterbitkan pada prosiding ini biasanya bukan hasil akhir dari penelitian. Isinya boleh saja berupa progres atau kajian pendahuluan/antara. Reviewnya juga tidak seketat pada jurnal ilmiah tadi. Jika penelitian sudah selesai, barulah si penulis akan menulis secara lengkap pada jurnal.

Mendeley juga bermanfaat dalam menulis tesis, skripsi dan disertasi!

Selain untuk menulis paper, Mendeley sangat bermanfaat saat menulis skripsi, tesis dan disertasi. Menulis skripsi, tesis dan disertasi membutuhkan referensi yang cukup banyak dan seringkali ada revisi. Kalau daftar pustaka (referensinya) kita buat manual, tentu akan sangat menyusahkan.

Begitulah kira-kira manfaat dari Mendeley sebagai sitation manger dan juga sebagai library (perpustakaan). Selain itu, mendeley disediakan gratis, jadi lebih bisa menghemat kantong/anggaran.

Salam,
Dr. Supriyanto
Dosen Teknik Mesin dan Biosistem
Fakultas Teknologi Pertanian
IPB University
Email : debasupriyanto@apps.ipb.ac.id


Kategori