Oleh: Supriyanto Liwa | 24 Agustus 2018

Petani Melek Internet : Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Komunikasi

Kira-kira terbayang atau tidak petani menggunakan internet beberapa tahun lalu? Tentu tidak ada yang membayangkan internet akan digunakan sedemikian massive di Indonesia. Platform yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia adalah media sosial atau social media. Sosial media yang populer diantaranya: facebook, twitter, dan instagram.

Facebook sendiri diluncurkan 4 Februari 2004 oleh penemunya Mark Zukerberg. Sederhananya, facebook itu seperti papan tulis (bulletin board) dimana setiap orang bebas memposting tulisan, gambar bahkan sampai ke video. Seiring perkembangannya, banyak kemudian masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif facebook. Ibaratnya nih ya, kalau gak buka facebook satu hari rasanya ada yang kurang.

Sistem kerja facebook adalah kita memiliki akun yang kemudian akan mendapatkan satu halaman yang disebut timeline. Jadi postingan kita akan disusun sesuai urutan waktu. Dari postingan paling akhir sampai postingan terlama. Kemudian, ada istilah pertemanan (friend). Layaknya di dunia nyata, pertemanan dilakukan dengan berkenalan (add friend), kemudian orang tersebut akan menerima pertemanan kita. Nah, kalau sudah berteman kita bisa melihat postingan dari teman kita itu.

Namun demikian, facebook tidak jarang menimbulkan pro dan kontra. Kenapa demikian, mari kita simak hal-hal positif dari facebook:

  1. Setiap kita bisa menjadi kantor berita. Kita bisa membagikan informasi kepada teman-teman kita hanya dengan memposting narasi dan gambar atau bahkan video.
  2. Berita akan cepat beredar. Karena setiap orang bisa membuat akun dan memposting apa saja, maka berita apa saja juga akan mudah beredar. Dengan fitur tag (tandai) teman maka kita bisa menayangkan berita dari teman.
  3. Tempat menyimpan memory. Tidak jarang, kita akan disuguhi tampilan postingan kita pada hari yang sama (history) dari sejak kita pertama kali membuat akun facebook.
  4. Mempromosikan diri atau produk. Mudahnya berkomunikasi dan memasang iklan secara pribadi di timeline kita, membuat facebook menjadi lapak untuk mempromosikan diri kita dan produk.
  5. Mudah digunakan. Bahkan orang yang baru pertama kali bisa menggunakan internet pun akan langsung bisa menggunakan facebok. Tidak jarang, ada orang yang tidak bisa mengoperasikan komputer PC bisa mengakses dan mengelola facebook ini. Cukup dengan menggunakan perangkat mobile (HP) yang dimilikinya.
  6. Tentu masih banyak dampak positif yang bisa diperoleh dari penggunaan facebook sebagai sosial media.

Tentu saja dampak positif itu perlu kita syukuri dan kita manfaatkan sebaik-baiknya. Bagi anda yang sedang studi tentu akan lebih mudah berbagi informasi mengenai pelajaran, dan penelitian melalui media ini. Bagi anda pedagang, lebih mudah berpromosi melalui media ini.

Tentu, setiap teknologi yang hadir juga muncul dampak-dampak negatif dari pemanfaatan facebook ini. Dampak negatif yang biasanya muncul diantaranya:

  1. Kecanduan. Nah ini dialami oleh banyak orang, mungkin termasuk saya. Rasanya ada yang kurang kalau tidak membuka facebook. Bahkan kalau internet sedang tidak konek atau paket internet habis maka kita akan kelabakan. Tentu kalau kita tidak bisa memanage hal ini, akan sangat buruk dampaknya.
  2. Tidak ada privacy. Kalau setiap orang memposting kegiatan yang dilakukannya, maka nyaris tidak ada privacy lagi. Bagi sebagian orang, tidak ada masalah tapi bagi sebagian orang ini akan menjadi masalah. Hal ini yang membuat Jepang misalnya, tidak memperkenankan kita memposting foto atau kegiatan melalui sosmed tanpa izin. Terlebih kalau foto anak-anak kita harus memblur kalau tidak ingin kena masalah dengan pihak berwajib.
  3. Fitnah. Karena mudahnya membuat berita sendiri. Maka banyak akun-akun palsu yang membagikan berita fitnah. Ini sering sekali menimpa politikus yang sedang beradu dalam pemilihan daerah sampai pemilihan presiden. Orang akan menyebarkan fitnah itu, bahkan terkadang sampai tidak tau sumber postingan yang sebenarnya.
  4. Penipuan. Tidak jarang orang menipu, dengan menggunakan akun palsu yang mirip dengan orang yang dipalsukannya. Orang yang menjadi teman sering kali menjadi korban penipuan. Penipuannya juga berbagai macam, mulai dari kirim pulsa sampai kirim uang puluhan juta rupiah.
  5. Tentulah banyak lagi dampak negatif sosial media yang bisa menimpa siapa saja.

Kesimpulannya, melalui media apapun baik itu sosial media facebook ataupun yang lainnya kita bisa mengoptimalkan kreativitas dan manfaat positifnya. Namun, tidak jarang ditemui juga masalah-masalah yang punya dampak negatif dari pemanfaatan facebook ini tadi. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan bijak, agar semua menjadi manfaat positif bagi kita.

Ingatlah, bahwa apa yang kita posting terekam di server dan akan sangat mudah ditampilkan. Bagi kita warga muslim tentu, menambah keyakinan kalau facebook saja dapat dengan mudah menampilkan informasi kita, apalagi Allah yang maha kuasa. Tentulah Allah punya teknologi yang lebih canggih dari semua ini.

Semoga Bermanfaat,
Tsukuba, 24 Agustus 2018
Supriyanto
email ; debasupriyanto@apps.ipb.ac.id
facebook.com/supriyanto7

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: