Oleh: Supriyanto Liwa | 27 Mei 2023

Perjalanan ke Malang: Belajar K-SMART greenhouse

Pertanian dalam bahasa inggris bisa ada 2 makna yaitu Farming atau Agriculture, yang keduanya punya cakupan yang berbeda. Farming sendiri umumnya diidentikkan sebagai kegiatan di lahan (farm) yang meliputi kegiatan budidaya di lahan sampai dengan kegiatan pascapanen. Adapun agriculture merupakan kegiatan budidaya sampai ke tangan konsumen (from land to table).

Jadi secara singkat dapat kita sepakati bahwa kegiatan farming lebih sempit dibanding agriculture yang keduanya merupakan terjemahan dari pertanian dalam bahasa Indonesia. Istilah-istilah tersebut cukup populer di media sosial dan punya makna yang berbeda pula tergantung siapa yang menggunakan dan mempopulerkannya.

Trend smart dari 2019 s.d. 21 fokus pada penggunakan teknologi informasi untuk mengumpulkan data, transmisi, penyimpanan data, analisis dan penunjang keputusan sebagai solusi (Mohamad, 2022). Internet of thing merupakan pilar penting dalam smart farming yaitu adanya konektivitas antar perangkat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar.

Referensi :


Kategori