Oleh: Supriyanto Liwa | 27 November 2016

Petik buah apel (ringo gari – apple picking)

Pagi ini Tsukuba cerah,  dua hari sebelumnya turun salju. Sabtu, 26 – 11 – 2016 bersama dengan Persatuan Pelajar Indonesia Ibaraki – Jepang kami mengadakan kegiatan fieldtrip petik buah apel atau dalam bahasa Jepang disebut ringo gari. Petik buah apel ini dilakukan di daerah Nagai, Yaita, Tochigi Prefecture 329-251 (lokasi klik disini). Ini adalah perkebunan apel milik petani yang biasa dikunjungi sebagai Agrowisata petik buah apel.

img_38611Perjalanan kami mulai pukul 08.30 menelusuri jalanan Tsukuba Center – Menuju Tochigi prefecture menggunakan bus. Bus yang disewa ada 3 bus, 2 bis besar dan 1 lagi bis kecil. Suasana bahagiapun tampak di wajah teman-teman PPI yang mayoritas membawa keluarga mereka turut serta menemani studi di Jepang.

img_3892

Panen buah apel ini, dibatasi waktunya dari pukul 10.00 sd. 12.00 dan diperkenankan panen hanya pada pohon yang sudah ditentukan. Ini adalah model agrowisata yang memberikan kesepatan kepada masyarakat yang bukan petani untuk merasakan menjadi seorang petani. Tapi hal yang menarik disini adalah sistem kepercayaan dari pemilik kebun, hanya dibatasi tali saja mana pohon yang boleh dipetik dan mana yang tidak dipetik. Tentulah sebagai tamu dari negara lain, kami juga sangat menghormati dan tak berani melanggar. he he …

Beginilah bus yang kami tumpangi bersama dengan teman-teman pelajar di Tsukuba.

img_3941

Suasana petik apelpun bgitu meriah, karena hadir disini lebih dari 100 orang mahasiswa dan keluarganya. Bisa dibayangkan saat kita diperantauan kemudian bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang negara yang sama. Tentulah akan sangat bahagia karena merasakan ada saudara baru disini.

IMG_3776.JPG


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: