Oleh: Supriyanto Liwa | 26 Oktober 2016

Kunjungi Perpustakaan University of Tsukuba

Perpustakaan, siapa yang tidak kenal perpustakaan? Tentu, perpustakaan bagi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen merupakan hal yang sudah sangat familiar. Nah, tentu di tempat kita masing-masing memiliki perpustakaan. Sejak SD saya suka mengunjungi perpustakaan. Ya, tentu pertama kali yang saya lakukan saat mengunjungi perpustakaan adalah berkeliling dan memahami sebenarnya apa koleksi dari perpustakaan itu. Biasanya saya tidak menggunakan komputer untuk mencari terlebih dahulu judul bukunya. Langsung saja, melangkah- celingak-celinguk nyari buku yang menarik. Kunjungan pertama umumnya tidak mendapat apa-apa, hanya sekedar tahu dan membaca sekilas koleksi yang ada di perpustakaan tersebut. Kalau waktu SD, SMP dan SMA belum jamannya selfie jadi tentu gak selfie… Beda dulu beda sekarang, kalau sekarang tentu yang dilakukan pertama adalah selfie dan update ke Facebook.

15826538_10211948134967401_8047421602431276831_n

Oke, kali ini saya dan teman-teman berkunjung ke Perpustakaan University of Tsukuba. Perpustakaan ini terdiri dari 5 lantai yang mengoleksi 2.600.000 buku dan 70% diantaranya ada di central library. Woowww.. banyak sekali ya. Jelas, koleksi sebuah perpustakaan menentukan reputasi dari sebuah universitas. Artinya, koleksi sebanyak itu menunjukkan bahwa kampus ini memiliki budaya pengembangan ilmu yang baik.

14671172_10211200724562608_8911021729526571287_n

Masuk Perpustakaan 

Untuk masuk perpustakaan sebagai mahasiswa, maka anda cukup menempelkan kartu mahasiswa di pintu masuk. Nah, nanti gate akan terbuka otomatis dan anda sudah terecord berada di dalam perpustakaan.

Mencari Buku

Nah untuk mencari buku, anda bisa terlebih dahulu membuka website pencariannya. Websitenya adalah https://www.tulips.tsukuba.ac.jp/lib/, dan anda bisa pilih jadi bahasa Inggris. Ini penting, karena kalau pakai bahasa Jepang anda harus bisa memabca tulisan jepang (kanji, katakana dan hiragana). Bagi mahasiswa asing, ketemu bahasa Inggris sudah bersyukur.

1-perpustakaan

Meminjam Buku

Untuk meminjam buku anda ambil saja bukunya, kemudian datangi mesin peminjaman buku yang tersedia di setiap lantai. Anda tempel deh buku nya dan kartu mahasiswa. Tralala.. buku sudah terpinjam dan anda boleh bawa keluar. Asik ya, kalau di IPB datangi petugas dan anda bisa meminjam dari petugas tersebut.

Peminjaman buku untuk mahasiswa S1 dibatasi sebanyak 10 volume (3 minggu dan bisa diperpanjang 3 kali). Dan mahasiswa Pascasarjana (S2 dan S3) sebanyak 20 volume (3 minggu bisa diperpanjang 3 kali). Wow.. 20 buku bagi mahasiswa pascasarjana sudah cukup banyak. Jadi anda bisa puas deh membaca dan meminjam buku dari perpustakaan ini.

Mengembalikan Buku 

Anda bisa drop saja, buku di tempat kedatangan. Tapi kalau counter nya buka, anda bawa saja ke conter pengembalian bukunya. Biasanya sih akan ditanya bahasa Jepang. Tapi gak apa-apa kalau tidak bisa ya pakai bahasa isyarat saja. He he ..

Download jurnal atau buku yang didownload gratis melalui

https://www.tulips.tsukuba.ac.jp/lib/. sebenernya bisa di download dari kamar asrama, karena terkoneksi dengan sistem IT kampus. Perkembangan IT sangat memungkinkan untuk hal ini.

Print Gratis 

Print sebanyak 1.500 lembar hitam putih gratis per semester. Jadi anda tinggal login di komputer yang disediakan maka anda bisa print. Kalau kurang, di laboratory juga disediakan printer oleh Sensei dan bisa ngeprint kapan saja. http://www.tulips.tsukuba.ac.jp/lib/en/support/tips.

15781565_10211948537217457_7272751320603595029_n

Ngopi 

Ngopi, ya kalau anda penat anda bisa ngopi-ngopi dulu. Di perpustakaan ini ada Starbuck. Kalau tidak mau strabuck ada JIDOHAMBAIKI (vending machine), tinggal masukkan koin 120 yen anda bisa minum minuman hangat atau dingin.

Fasilitas Ruangan 

Room Facility : (a) Cubical, (b) ruang baca, (c) ruang baca dengan PC plus ngeprint , (d) toilet bersih di 4 lantai. Kekurangannya belum ada musholla (praying room), insya Allah kedepan semoga ada.

com_room_b_kari

Beli Buku pakai Budget kampus

Beli buku pakai budget kampus, ya ini bisa diajukan melalui sensei (dosen) kalau membutuhkan buku yang belum dilanggan. Tapi kebanyakan sudah dilanggan lewat Tulips Linkers.

English note:

University of Tsukuba library serving student, faculty and alumni to access knowledge around the world. There are some kind of facility in library: cubical study room, discussion room, PC, printer, toilet, Starbucks coffee, online catalog, free download jurnals and books.  Every student can access library every day and use all facilities. For detail information you can access: http://www.tulips.tsukuba.ac.jp/lib/en. 

 


Kategori