Oleh: Supriyanto Liwa | 23 Agustus 2008

Sistem Informasi Pertanian Organik Berbasis Web

Gaya hidup sehat dengan slogan Back to Nature telah menjadi trend baru menggantikan pola hidup lama yang menggunakan bahan kimia non alami, seperti pupuk, pestisida kimia sintetis dan hormon tumbuh dalam produksi pertanian. Pangan yang sehat dan bergizi tinggi dapat diproduksi dengan metode baru yang dikenal dengan Pertanian Organik (PO).

Perkembangan PO di Indonesia juga didorong oleh munculnya kesadaran konsumen akan pentingnya produk-produk sehat dan ramah lingkungan. Sebagian lagi, didorong oleh kampanye dan advokasi aktivis LSM baik dalam isu lingkungan maupun pendampingan petani. Di kalangan petani sendiri mulai muncul kesadaran untuk menerapkan PO, terutama di basis yang didampingi LSM atau area yang belum tersentuh kebijakan Revolusi Hijau.

Gambaran Sistem Yang akan dibangun :

Pertanian organik (PO) adalah sistem produksi pertanian yang holistik dan terpadu, dengan cara mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agro-ekosistem secara alami, sehingga menghasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas, dan berkelanjutan. Produk-produk organik diproduksi tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia, untuk menggantikan produk pangan yang diproduksi secara konvensional yang terkontaminasi bahan-bahan kimia.

Produk Pertanian Organik (PO) menjadi produk eksotis yang dicari saat ini. Permasalahan yang dihadapi masyarakat yang telah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan adalah sulitnya mencari produk organik yang terpercaya sistem produksinya. Untuk memecahkan masalah tersebut maka perlu dibangun Sistem Informasi Pertanian Organik Berbasis Web. Sistem informasi ini dibangun dengan tujuan memberikan informasi tentang produk-produk organik yang beredar di pasaran saat ini. Sistem ini juga akan menampilkan proses produksi yang dilaksanakan oleh produsen untuk menjamin produk yang dihasilkan memang benar-benar produk organik.

Sistem informasi dibangun berbasis web, hal ini dilakukan untuk menjamin kecepatan update yang menjadi salah satu faktor penting. Sistem berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang merupakan bahasa pemrograman berbasis opensource. DBMS (database management system) yang digunakan dalam penelitian ini adalah MySQL yang berlisensi GPL sehingga tidak membutuhkan biaya beasar untuk mengaplikasikannya.

Tujuan Penelitian sistem informasi pertanian organik ini adalah :
1. Membangun Sistem Informasi Pertanian Organik Berbasis Web.
2. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang produsen-produsen, distributor pertanian organik, dan sarana pertanian organik.
3. Membantu masyarakat dalam memastikan bahwa produk yang dikonsumsi adalah produk organik, melalaui informasi yang disampaikan dalam sistem informasi ini.
4. Memenuhi tugas akhir skripsi sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian pada Departemen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Penelitian dilakukan oleh :
SUPRIYANTO
Supriyanto_ipb@yahoo.com
DEPARTEMEN TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Dibawah bimbingan :
Ir. Mohamad Solahudin, M.Si

Jika anda tertarik bekerjasama atau ingin memberika donasi, hubungi saja lewat e-mail.


Responses

  1. Bener2 pertanian organik yang luar biasa. Go liwa blogger…

    Suka

  2. waw kalu kalu di gunkan bisa bisa swasembada pangan nih Lampung he he…salam buat minak muanghi pengunjug blok hinji andi di way lima pesawaran…

    Suka

  3. Bisa nggak ya petani sayur di liwa menggunakan sistem organik.

    Suka

  4. aw2. keren tu mas idenya…terus berkarya ya…

    Suka

  5. Kalau boleh tahu, apakah sistemnya sudah online?

    Selamat berkarya dan semoga sukses.

    Suka

  6. Wah bagus dong,

    Suka

  7. salam kenal mas,saya tertarik dengan situs anda tentang pertanian organik kebetulan saya juga lagi tertarik untuk bertanam dengan pupuk organik.Saat ini saya sedang mencoba salah satu produk pupuk dan ternyata hasilnya sangat memuaskan,sehingga bisa menghemat pemakaian pupuk urea sampai 50%.Mungkin kalau mas supri ingin tahu lebih banyak bisa hubungi saya,terimakasih

    Suka

  8. slm knal bwt mas supri,pernah main ke lombok?mksih y dah msukin wisata tanah klahiran q (seminung,lombok risort)
    jd pengen pulang lg nech…….
    oya dah lulus blum sech mas supri?

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: