Oleh: Supriyanto Liwa | 16 Juni 2008

Pertanian di Liwa, Lampung Barat

Liwa sebagai Penghasil Sayuran Terbesar di Lampung

Banyak yang tidak menyangka jika Liwa – merupakan penghasil sayuran terbesar di Lampung. Liwa merupakan daerah dengan topografi pengunungan yang cocok ditanami berbagai komoditas hortikultura dan sayuran. Petani di Liwa mengembangkan teknik bertani dengan mengadopsi berbagai teknologi-teknologi terkini. Salah satunya adalah penggunaan plastik mulsa pada kegiatan budidaya cabe.

Komoditas yang dihasilkan dari kegiatan budidaya pertanian di wilayah ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kubis (Kol)
2. Wortel
3. Sawi
4. Chai Sin
5. Labu Siam
6. Terong
7. Buncis
8. Kacang Panjang
8. Tomat
dan masih banyak lagi produk sayuran yang dihasilkan di daerah ini.

Berikut adalah foto salah satu petani di Cabe desa Sebarus, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat :

nama pemilik : Ny Warsini dan Supriyanto bin Suyadi

Berikut adalah tanaman wortel :

Berikut adalah tanaman tomat :
Tomat


Responses

  1. bagus juga tuh, lumayan untuk pengetahuan

    Suka

  2. y nih kapan jalan kesuoh diperbaiki..pa di bangunnya pas dah mau pemilihan bupati lagi..

    ma’f bagi orang-orang yang dah janji untuk memperbaiki jln-jln yang rusak tu segera dilaksanakan..
    jangan cuma janji ja..

    jangan kan jalan kesuoh diliwa ja banyak yang rusak…

    Suka

  3. oc ja dah

    Suka

  4. Usul:Kpn dunk jalan ke suoh diaspal smua coz nyak yakin klu jalan dsuoh diaspal pndapatan daerah psti akn meningkat,krna disuoh bkn Cma penghasil kopi trbesar tp dsna jg t4 wisatany indah bgt{danau}… nyak bangga jd sanak lambar

    Suka

  5. Usul:Kpn dunk jalan ke suoh diaspal smua coz nyak yakin klu jalan dsuoh diaspal pndapatan daerah psti akn meningkat,krna disuoh bkn Cma penghasil kopi trbesar tp dsna jg t4 wisatany indah{danau}mkasih

    Suka

  6. wow bagus nian cobak pesawaran kayak lambr pasti makmur tuh…….mask coklat mulu isiya gimana nih Pemkabya mask ketingalan ma Daerah lain

    Suka

  7. koq pertanian utama masyarakat liwa gak ada sih fotonya?????? itu lho mas, Kopi…
    marah lo petaninya…. he..he..he..

    Suka

  8. salah E-mail. krim kesini.

    Suka

  9. Slm kenal, saya mahasiswa pertanian dijogjakarta asal krui, bagaimana menurut abang prospek pertanian di lambar khususnya daerah krui ?.. thx..

    Suka

  10. Wah mas,bagus tu buat promosiin kota liwa yang jauh banget ini, tapi gue mau usul ni, kalo bisa dan kalo ada sih ditampilin dong foto-foto kota liwa tempo dulu, supaya orang-orang tau bahwa liwa itu jauh berkembang dibanding dengan yang dulu, pasti menarik banget, sekalian juga nginget-nginget masa lalu buat kakek-nenek kita yang udah lansia…
    Tq

    Suka

  11. wah,..keren bangetz,
    tingkatkan terus, agar bisa memberikan kontribusi buat Liwa,
    Oy, buat para petani-petani di Liwa, jangan mau kalah donkZ sama petani-petani didaerah lain, meskipun masih termasuk daerah terpencil, Qt sebagai orang Liwam harus bangga dengan apa yang kita miliki, yang penting harus mau berusaha,..keep spirit yaoooooo,…
    “petani itu pekerjaan yang mulia lho,kalo gak ada petani, pak presiden gak bakalan bisa makan nasi, jadi jangan minder ya bagi semua petani di Indonesia, terutama para petani Liwa”

    Suka

  12. piye kabare mas?..waras ora?!….sekam sanak bahway..khepa aga ulah ni pesagi di?…yaho’ entek bahasa urang, amun kagak ngerti takon baye nyak jama sikam….

    Suka

  13. Pri aku mau kelampung besok ni……

    Suka

  14. Saya dari Malaysia tertarik dgn laman web saudara dimana memperkenalkan sejarah,budaya dan masyarakat Lampung mengenangkan nenek monyang saya juga berasal dari Lampung

    Suka

  15. Salam kenal jak bekasi, pri tulung informasi ko potensi daerah krui juga misalni Damar dll wslm

    Suka

  16. kembangkan teruzzz pertanian di Liwa….
    add me:
    rayzenmaria@yahoo.com

    Suka

  17. kt temen2 di jogja npa ko anak2 dri lambar pda susbur2 pa gara2 suka makn kol?????
    padhal q sendri asli liwa lho…….
    si jelas ni gila kik mulang mit pekon mubangik mengan ya..hhhhaaaaaa…haaaaa.

    Suka

  18. ass
    ms pri bagus jg blog na
    ud lulus kah?
    msh ingat kan ma ank IPA 1 mister kamto
    aku sancai
    gmn kbr tmn2 yang laen
    oya ini no ku kl tmn2 blm pada tw tlng ksh tw yah
    biar kt smbng lg alumni SMA 1 liwa angktan04
    085228272028
    (0274)7852642
    082880994539

    Suka

  19. salam kenal dari saya suratno saat ini saya bertempat dijakarta saya berasal dari sekincau. sudah lama menacari patner yang siap membangun pertanian lampung barat, saat ini sya sedang menjabat sebagai ketua umum Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) bagi saya ini adalah momen untuk pengembangan jaringan dan pnimbaan ilmu untuk kemudian kembali mengabdi kekampung halaman.sebagai putra daerah saya merasa berkewajiban untuk mengabdi kepada lampung barat. seperti pepatah mengatakan kalau tidak kita siapa lagi kalau tidaak sekarang kapan lagi ,,,, kontak person 08568226303

    Suka

  20. hmmm…blog mu asik juga ya..aq yang biasanya kangen ma lampung jadi sedikit terobati..hmm aku asli krui..aku yolly.aku tinggal di bogor,..

    salam jak sanak krui..

    Suka

  21. Bagus juga blognya,kalau perlu ditambahin lg.Banyak potensi liwa yg blm di angkat.

    Suka

  22. Bagus jg blognya pri,kapan pulang ke liwa.Yanto

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: