Aksara Lampung

Bentuk tulisan yang masih berlaku di daerah Lampung pada dasarnya berasal dari aksara Pallawa (India Selatan) yang diperkirakan masuk ke Pulau Sumatera semasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Macam-macam tulisannya fonetik berjenis suku kata yang merupakan huruf hidup seperti dalam aksara Arab, dengan menggunakan tanda-tanda fathah di baris atas dan tanda-tanda kasrah di baris bawah, tapi tidak memakai tanda dammah di baris depan, melainkan menggunakan tanda di belakang. Masing-masing tanda mempunyai nama tersendiri. Aksara Lampung hampir sama bentuknya dengan aksara Rencong (Aceh). Artinya, Had Lappung dipengaruhi dua unsur, yakni; aksara Pallawa dan huruf Arab.
Adapun Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambing, angka, dan tanda baca.

1 . Huruf Induk
Aksara Lampung disebut dengan istilah kaganga, ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan (pada Tabel 1 dibaca dari atas ke bawah). Huruf induk berjumlah 20 buah. Bentuk, nama, dan urutan huruf induk dikemukakan pada Tabel 1 dibawah ini.

Berikut adalah kelabai sughat bahasa lampung :
akarsa-lampung.gif


2. Anak Huruf

Anak huruf Kaganga ada 12 buah:

Nama masing-masing anak huruf itu adalah sebagai berikut:
anak-hurug.gif
a. Anak huruf yang terletak diatas huruf
1. ulan
2. bicek
3. tekelubang : ang
4. rejenjung : ar
5. datas : an
b. Anak huruf yang terletak dibawah huruf
1. bitan : dan
2. tekelungau : au
c. Anak huruf yang terletak di kanan huruf
1. tekelingai : ai
2. keleniah : ah
3. nengen : tanda huruf mati

Untuk melihat yang selengkapnya download aja disini :
Aksara Lampung

Responses

  1. Menurut saya pakx bhsa lampng tch ssh tpi lx mang dihrskan yea..
    no problem..

  2. Yea bener saya juga takjub akan bahasa lampung

  3. Waduh mana muli batangannya gx tw yea sma donx,..wkwkwk

  4. saya takjub dngan pemerintahan way kanan yang mewajibkan jajarannya memakai bahasa lampung ketika ada pertemuan atau rapat daerah.

    • Yea bener saya juga takjub akan bahasa lampung

  5. Bahasa Lampung sudah Seharusnya Jadi Tuan Rumah didaerah sendiri
    “Bahasa Lampung Kebanggaan ni jelma Lampung”.

  6. Pantun:mula ku bimbingniat
    Niat rasa mas salah lagi
    Api kigha ni jambat
    Dapak kuda teniti

  7. Ikam ulun lappung munieh..
    Tano kak urik di aceh..
    Anying ikam pagun sekula di jogja.
    Ulun tuhowku asli anjak jawo…
    Ikam lahi di lappung timu..
    Cutik cutik dapak cawo lappung..
    Hehehe..

    lamun baso acheh ” uhaba syedara”
    Di lappung ” nyow kabar sekelik unyan”

    Hehehe..
    Kilui maap lamun wat tulisan sai salah, kak sako temen mak ikam pakai lagei cawo makai baso lappung..

  8. Malu rasay klo di tanya sma orang,
    Orang mana?
    Orang lampung
    Trus d tanya bisa bhsa lampung gax
    Gax bisa,
    Sumpah malu bnget, masa bhsa daerah sendiri g bisa,
    Ad yg mau ngajari’n gax yaaa?????

  9. ADUH KNGEN 5 KAMPUNG OF PESAWARAN ILOVIU

  10. Sy pengen belajar bahasa lampung padahal sy orang lampung tapi saya gx bisa bahasa lampung sy cuma tau sedikit gx seluruhnya

    • Sma donk, ku juga tinggal d lmpung, cuma g bisa bhsay, bingun klo bhsa lmpung

  11. cacad lo gaya eek di celana ;)

  12. nyak bangga jadi ulun lappung.. wkwkwk :D padahal gua orang bogor tapi nyoba sekolah di lampung

  13. ohhh,, aa juga ya aksara lampung, saya baru engerti saat ini, sangat unik menurut saya, :-)
    makasih penjelasannya

  14. […] Adapun Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambing, angka, dan tanda baca. Untuk Lengkapnya bacadi sini. […]

  15. saya orang lampung tinggal d bengkulu,,saya lihat aksara lampung hampir sama dengan aksara rejang yang ada di bengkulu

    • Kemungkinan bisa sama. Soalnya untuk pelafalan juga hampir sama dengan makassar.

  16. salam kemuaghian seunyen ne…

    sy keturunan lampung asli sekolah dilampung tp kul nyebrang ke pulau jawa si…xD..bahasa sehari2 pun dirumah selalu menggunakan bahasa lappung,kebetulan sy dari lampung abung siwo migo..
    dan alhamdulillah juga ilmu yg dapat dr sekolah dulu dipelajaran muatan lokal belajar aksara lampung hingga sekarang masih faham..dan mering menerapkan untuk menulis.. dan sy bangga dg begitu sy bs melestarikan bagian dari budaya lampung tercinta..

    semoga kelak tidak akan pernah punah terlekang oleh waktu..*walah lebay* hihi…

  17. Menulis Dairy dengan aksara lampung lebih bagus, jd rahasia bisa terjamin (kecuali ma orang yang bisa membaca aksara lampung) ……..jd tenang..

    • Menarik sekali menulis diari dengan huruf lampung,

  18. aksara lampung….hmmmmm
    jadi inget masa smp dulu

  19. […] Sumber : wikipedia, supriliwa.wordpress.com […]

  20. […] Sumber : wikipedia, supriliwa.wordpress.com […]

  21. saya sangat kangen dengan lampung.selain tanah nya sangat subur dibanding dengan tanah lain a lampung juga memiliki banyak adat
    tapi sayang lampung harus saya tinggalkan karna melanjutkan sekola di pulau jawa paling pulang setahun sekali.di sini(jawa)banyak orang lampung,kalau ktmu saya mereka berbahasa lampung tpi malah saya gx bisa bahasa lampung saya merasa malu masa bahasa sendiri gak bisa.
    paraaaaaah

  22. wah keren gan.
    ane juga dulu belajar bahasa lampung tapi sekarang udah lupa :(

  23. saya pun keturunan dari lampung jugak…insyallah satu hari nanti saya akan jejak kan kaki di bumi lampung

  24. saya lahir dan tinggal di lampung tp saya gak bisa bahasa lampung tp no problem kan masih ada bahasa indonesia sbgai bahasa persatuan

  25. saya lahir dan tinggal di lampung masih sulit berkomunikasi dgn bahasa daerah lampung tp no problem kan sy punya bahasa Indonesia sbgai bahasa persatuan

  26. mas keturunan jawa yang tinggal di lampung ya ?

  27. pi guai tek? di pakhang snak2 lampung nongkrong kik di jogja ji?

    • di sekere…

      • sekre lampung maksud ni… :D

  28. aku bangga dngn kota Bandar Lampung
    walaupun aku bkn orng Lampung

    Add fbku namanya Andini Love Smash

    yg bnyk ya
    yg ngeadd ku do’ain cpt dpt jodoh dah dpt pahala amin

  29. aku bangga dengan lampung walaupun aku orang jawa tapi aku lahir di lampung…………….liwa lampung barat is the best

    • dunia tanno bingung bencana dipa-ipa,mbetus muneh gunung nunggu pai kidah gempa,labung mawat kehitung banjigh lain sekigha,angin puting beliung lawok cakak di kota korban mawat kehitung kik jasad induh ghia,sai tinggal ngayung kayung haga ti sepok dipa induh di heghop gunung kik mak di kanik iwa,kidang gham dang kik bingung mani lamin bencana,ti pakai gham tupung jilbab dalih mukena jama allah ta’ala gham ngilu tulung peghkilu dilom do’a negham lagi untung kipak mak bubelanja pedom pakai saghung mak muneh nyelana….hahahahahah

  30. kangen sama lampung timur, sayang nya aku sekarang d luar negri,,,,,,,

    • dikau lampung timur mano

  31. MassaALLOH

  32. boleh saya belajar bahasa lampung. saya orang sunda tapi keluarga istri tinggal di lampung… biar bisa berbaur dengan sahabat dari lampung

  33. hahaha

  34. saya sudah lama sekali mencari aksara lampung dan ingin beul mempelajarinya

  35. saya adalah orang lampung,saya tinggal di daerah bogor jawa barat,sebagai orang lampung saya ingin melestarikannya..makanya dalam kehidupan sehari-hari berbicara bahasa lampung kepada temen-temen saya walaupun sedikit demi sedikit mengajari mereka untuk belajar bahasa lampung.dan teryanta banyak yang tertarik ingin mempelajari bahasa lampung.
    terima kasih.
    (nyak bangga jadi jelema lampung)

  36. lemoh kintang mak patoh,,, jadi ingat waktu sekolah dulu terpaksa bolos karna gak bisa menulis aksara lampung…..

  37. Saya rakyat Malaysia tapi keturunan berasal dari lampung..sedang mencari saudara dari keturunan Naga Berisang & Naga Berantai

    • hubungi 082179193444

  38. Ide yg bagus dan menarik,perlu dikembangkan lebih lanjut agar bahasa lampung juga bisa dipelajari oleh orang2 yang tidak tingga di lampung saja,
    saya sarankan untuk ditambah dengan tulisan yang berhubungan dengan dengan bahasa itu :
    1.phonetiknya
    2.contoh penulisanya ( ditulis dalam kalimat2sederhana bersamaan dg huruf romawi sebagai perbandingan,sehingga mudah dipahami )
    3.Dikembangkan lebih lanjut ke gramatikalnya
    4.supaya lebih menarik,masukan unsur2budaya lampung sebagai obyek telaah bahasanya seperti, cerita rakyat,lagu daerah,pepatah.dll

    selamat berkreasi
    lampung selalu wawai

    • Siap .. menjadi masukan yang sangat baik. Insya Allah nanti akan dikembangkan ke dalam model animasi untuk pembelajaran Bahasa Daerah…

      ________________________________

  39. siiip mantap bgt

  40. sipppp

  41. wee….
    gan kenalin aq aldo anak Bandar lampung asli aq sekolah di smpn 1 gisting
    aq lagi ada PR suruh menghapal aksara.
    tapi waktu aq sekolah aq lupa bawa BUKU jd aq menghafal lewat LEPTOP
    ternyata ada gan

    TANKS yaa gan, karena lo Gw jadi punya nilai 100

  42. sangat bagus ni web lanjutkan berkreasi salam enas kunjungi juga http:fsakti.wordpress.com

  43. aq lgi ad tgs balam…
    ngaksarain tyuzz translite.. ssh..

  44. Assalamualaikum,

    kilu tanya bang….

    ki haga nge download font aksara lampung khepa cara nya…

    kham khadu liat situs ni seep
    khelau ……

    terimaksih…

  45. lulusan 2000an jago2 ya … salut deh ama para junior ni . . enggak kayak lulusan 90an, pada jadul . . he. . he . .

  46. aksara lampung tuch asyik loh…………………..aq dh lama bgt gx belajar aksara lampung,,,,,,,,cayo pemuda lampung majukan aksara yang sangat indah ini………………!!!!!!

  47. udah lm nech gx belajar aksara lampung………kangen nech pngn bljar lg,,,,,,,,,,,,,,,,,i miss u………..

  48. hayo….!!!!!!!!!!!
    yang punya blog bisa bahasa lampung gak nie…????

  49. salam kenal .. mari kita budayakan bahasa lampung, mak ganta kapan lagi mak kham sapa lagi

  50. gimana dengan bahasa Lampung?
    sayang, sekarang banyak gk bisa ngomong Lampung, walaupung orang Lampung sendiri, terutama anak2 mudanya. bahasa juga faktor yang membuktikan tingginya suatu kebudayaan.

  51. juga prnah jdi anak liwa

  52. semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttt……

  53. Lampung sai Sang Bumi, ruwai jukhai.

  54. Cangget Agung

    Sessat Agung sai wawai
    Talo bertabuh tari cangget
    Gawi adat tano ejo cakak peppadun

    Adat budayo lappung
    Nayah temen ragom wawai no
    Jepano garuda no rata sebatin

    Cangget Agung 2x
    Muli batangan
    Dilem kutomaro 2x
    Mejeng besanding

    Gawi adat lappung 2x
    Jak jaman toho
    Lapah gham jamo jamo
    Ngelestarikan adat lappung

    Mati Bangek!

  55. terkadang aksara lampung bkind w pucing…..

    tp klu d pkir2 gx ahhh…..

    I Love aksara Lampung

  56. I love Aksara Lampung

  57. Asss smua masyarakat lampung, saya rudi berasal dari mdura..pingin neh bagi teman-teman yang mengetahui cara menuis akasara Lampung mohon di kirimkan caranya ke e-mail saya.. coz aku seneng banget belajar aksara daerah seperti di daerah saya seperti Aksara ANACARAKA..saya juga aktif di deunia pariwisata, semoga bisa sharing mengenai perkembangan pariwisata di Lampung…Thxxx

  58. yups aku juga anak lampung lho, tpi skrg aku kuliah dijogja . lestarikan terus kubudayaan lampung!!!!!

  59. susah banget belajar aksara lampung.

    susah buat di mengerti dengan cepat

  60. tumbai nyak hapal khik ingok aksara lampung tanno nyak pagun ingok kidang lupa aksarana

  61. mkasih bwat artikelna..suskes to blognya
    ^_^

  62. DARI AKU SMP SAMPAI SEKARANG DI RANTAUAN (KALIMANTAN),AKU MASIH SANGAT HAFAL DENGAN HAD LAMPUNG.DAN TAHUKAH ANDA SEMUA,BAHWA HAD LAMPUNG NYARIS SAMA DENGAN AKSARA BUGIS DARI SULAWESI SELATAN DAN PELAFALANNYAPUN KA GA NGA …….

  63. aksara lampung?????
    yah uda agk lupa siii
    tp,hurup induk g lupa kok,cm ank na j yg lupa…………
    skrng bljr aksara jawa Cz,murid ku nuntut ajarun aksara jawa……….

    • kalo mau lupa, bahasanya gimana
      ———– ———–

      ————

  64. lampung is the best from other side is so beutifull i came from kota agung lampung my childhood is growing from there kota agung lampung is much creative for a lot a thing beach,the sea,oh…………….is much pretty. like boat i miss a lot my hometown maybe 3 years because i spend in singapore right now more beutifull lampung looovvvveeeeeeeeeeee alllllllllwwwwaaaaaaayyyyyyyyyssssssssss…………………!!!!

  65. saya sangat senang dengan adanya media.saya keturunan jawa tapi saya bangga jai masyarakat lampung .saya dapat merasakan keindahan alam yang natural semua yang ada saya sangat mengagumi dan bangga jadi indonesia sejati

  66. Q orang Sunda, teman teman baru Q banyak orang Lampung. Makanya seneng banget dapat informasi tentang Lampung jadi nyambung deh ngobrol bareng mereka. Kapan ya … Q bisa nikmatin Lampung nan indah …

  67. liwa emang tmpat yg adem,… seger… dan menyenangkan,,apalagi klo musim alpukad..

  68. JADI INGET KAMPUNG.SKRG SAYA DIBATAM. SALAM BUAT SMUA ANAK LAMPUNG BARAT DIMANAPUN BERADA.SAYA DL SEKOLAHNYA DI SMPN2 PAJARBULAN.

  69. sy.dulu apal aksara lampung sekarang tdk apal lg mungkin teradisi ini akan hilang krna aksara lampung skr,hampir tdk dipakai lg,bagi guru2 yg tinggal di lampung tolong anak murit nya di suruh mempelajari aksara lampung yg harus di lestarikan.krn sampai skr anak anak banyak yg tdk tahu bahasa lamung itu pun dia asli org lampung.

  70. jd ingat SD, dulu apal bgt yg namanya aksara lampunk,,

  71. wah kik aksara lampungmaseh ingok donk………
    soal ni SD, SMP di lampung barat, kidang SMA di karang, tano di jogja lgi kuliah,setiap nyak tikham di lampung nyak selalu mit internet buka2 seluk beluk ni lampung.

  72. gue orang mbelong gue walaupun gue dijawa gue sering nulis pake aksara kaganga ampe temen-temen gue mtak dijarin.

  73. wah jadi inget waktu SD-SMP :D

  74. Khadu tkham jmma minak muakhi sai d pkon.Bwt nak Asrama Lmpung Jgjakarta Khsusnya Barat,kpn ngadain acara breng.Thanks.

  75. askum,q kangen ma liwa,q asli seblat.sekarang skul di purworejo.tikham jama mamah…..

  76. keren…aku juga anak liwa lho..tp dari SMP di batam truss skrg SMA di jogja insya allah kuliah juga di jogja. jadi kangen kampung,,pengen pulang.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: