Cara download Jurnal Gratis

Kebutuhan akan literatur terutama jurnal ilmiah bagi mahasiwa, dosen dan peneliti sangat tinggi. Terutama saat kita ingin melihat posisi penelitian kita sampai dimana. Nah, bagaimana cara melakukan akses jurnal secara gratis. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan :

Mencari Jurnal DOAJ

Direktori Open Access Journal (DOAJ) adalah salah satu dari daftar jurnal yang paling terkenal.Banyak jurnal-jurnal yang open access bisa didownload melaui layanan ini. Bagi anda yang membutuhkan literatur yang jurnal gratis, tentu situs ini dapat menjadi teman bagi anda yang sedang melakukan penelitian. Untuk mengakses situs ini dapat diakses di https://doaj.org/.

oke

Mengakses Jurnal Berbayar, secara Gratis

Banyak sekali jurnal yang berbayar, sebagai contoh beberapa jurnal yang terindeks scopus anda dapat mengaksesnya melalui www.sciencedirect.com. Pada situs ini, tersedia banyak artikel terbaru berkaitan dengan berbagai penelitian terbaru. Namun, permasalahan yang sering kita hadapi adalah banyak jurnal yang berbayar. Maka tips yang bisa saya bagikan adalah anda mengakses dengan akses lan dari kampus yang melanggan jurnal ini. Dengan demikian anda dapat mendownload hampir semua artikel yang berada di jurnal ini.

oke

Sebagai perbandingan, saat saya mengakses dari LAN IPB saya akan mendapatkan akses full terhadap jurnal yang dilanggan IPB, walaupun tidak semua jurnal dilanggan IPB. Sementara saat beberapa hari di Universitas Tsukuba Jepang, saya bisa mengakses hampir semua jurnal yang ada di situs ini, hal ini karena universitas tersebut melanggan secara penuh jurnal pada situs ini. So, anda bisa memanfaatkan teman yang sedang diluar negeri untuk mendownloadkan beberapa artikel yang anda perlukan.

Anda bisa kontak saya, karena saat ini saya berada di University of Tsukuba. Kampus tempat saya belajar ini menyediakan banyak jurnal. Kirim saja request via email ke debasupriyanto@apps.ipb.ac.id. Mohon pada saat request jurnal perkenalkan dulu diri anda dan sebutkan link jurnal yang diminta untuk download.

MDPI (http://www.mdpi.com/)

MDPI merupakan open access journal yang bagus juga menurut saya. Jadi kita bisa memanfaatkan database jurnal ini untuk kebutuhan literatur kita. Kalau dilihat dari kualitas jurnal nya, saya lihat pada situs ini cukup bagus.

oke

Intechopen http://intechopen.com/

Intech open adalah laman repository buku dan jurnal gratis yang juga bagus menurut saya. Isinya juga multi disiplin. Sehingga anda bisa mendapatkan jurnal atau buku secara gratis.

oke

Jurnal Keteknikan Pertanian (Terakreditasi DIKTI)
http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtep

Jurnal ini adalah jurnal bidang keteknikan di departemen tempat saya bertugas. Jurnal ini tidak berbayar dalam akses. Saat ini sudah terakreditasi, jadi silahkan bagi yang membutuhkan artikel dari jurnal ini jangan ragu-ragu untuk mengunjunginya. Bidang yang dicakup juga cukup luas.

jurnal

Jurnal Hindawi (https://www.hindawi.com/)

Hindawi juga merupakan jurnal open access yang cukup terkenal. Jumlah jurnal yang diterbitkan dan artikel yang bisa diakses juga cukup banyak. Anda sangat disarankan juga megakses jurnal berikut untuk mendapatkan jurnal secara gratis.

jurnal - hindawi

Open Access Elsevier

(https://www.elsevier.com/about/open-science/open-access/open-access-journals)

Siapa yang tak kenal Elsevier sebagai penerbit jurnal baik open access maupun access berbayar. Saat ini terdapat beberapa jurnal yang open access. Tentu jurnal ini dapat menjadi rujukan bagi anda dan mahasiswa untuk menulis penulisan ilmiah.

jurnal - springer

Beberapa alamat website yang bisa membantu dalam mendownload jurnal Gratis. Tapi ingat web ini bukanlah web resemi. Jadi bisa dibilang mendownload dari web ini merupakan tindakan illegal :
1. libgen
2. sci-hub

Berita terkait:

  1. Studi di Jepang 
  2. Perpustakaan University of Tsukuba 
  3. Perpustakaan Institut Pertanian Bogor 

Responses

  1. saya pak Johan dari Malang saya membutuhkan jurnal yang menyangkut dengan batere organik. atau electric organik batere. mohon infonya. thanks

    Suka

  2. Thanks pak Pri, saya dosen Fkg Unair Surabaya ,semoga sukses ya . wass. Latief

    Suka

  3. […] Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI). Seperti saya sampaikan di artikel saya sebelumnya Cara mendownload Jurnal Gratis. Anda bisa mendownload jurnal-jurnal tersebut melalui jaringan kampus IPB termsuk di perpustakaan […]

    Suka

  4. wih…., thax infonya pak deba

    -pb

    Suka

  5. terima kasih infonya pak…

    Suka

  6. Saya bisa bantu untuk download jurnal internasional.

    atau wa (0815——–)

    Suka

  7. Kesulitan download jurnal berbayar?
    Add me: —
    SMS: —-

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: