Oleh: Supriyanto Liwa | 6 November 2017

Musim gugur pertama bersama keluarga

Konon katanya musim gugur merupakan waktu dimana pemandangan sangat indah, walaupun suhu udara semakin dingin. Bisa dibayangkan siang hari walaupun cahaya matahari menyinari tapi tetap terasa dingin, jangan coba-coba tidak pakai jaket. November 2018 ini adalah tahun kedua saya di Tsukuba, dan merupakan musim pertama bagi putri dan istri yang ikut mendampingi menuntut ilmu di Jepang. Gugurnya daun merupakan mekanisme biologi yang merupakan respon dari dinginnya lingkungan.

Musim gugur juga dapat dinikmati disetiap kota di Jepang, sehingga sebenarnya tidak perlu jauh-jauh untuk menikmatinya jika anda sedang tinggal disini. Kamipun hanya keluar asrama dan coba mendokumentasikan apa yang kami lihat. Suasana ini mengingatkan kembali kepada kami untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kami rasakan disini. Bukan berarti anda yang tidak sempat kesini tidak boleh bersyukur, justru kami bersyukur menjadi Indonesia. Indonesia merupakan surganya tempat indah di dunia, karena setiap sudutnya indah.

Apa yang kudu dipersiapkan di musim dingin ini:

  1. Heat tech, pakaian dalam dengan teknologi menahan panas tubuh. Ini diperlukan untuk memberikan rasa hangat bagi tubuh kita. Jika anda beli di UNIQ-LO harganya sekitar 1000 yen atau sekitar 100 ribuan.
  2. Jaket, lapisan selanjutnya adalah baju dan jaket. Jaket ini merupakan perangkat penting yang harus dimiliki pada musim dingin ini. Jaket yang digunakan-pun punya bahan yang berbeda dengan di Indonesia. Saya coba pakai jaket Eiger masih berasa dingin dan tembus, seperti ditusuk-tusuk.
  3. Pemanas ruangan, terkadang kita juga memerlukan pemanas ruangan yang diperlukan untuk memanaskan ruangan. Pemanas ini memang menghabiskan energi listrik, tapi apa boleh buat jika anda tidak tahan dingin sebaiknya menggunakan heater ini.
  4. Karpet atau selimut listrik, peralatan ini diperlukan saat tidur, jadi anda tetap merasa hangat.
  5. Makanan, karena suasana dingin tidak ada salahnya menyiapkan makanan. Kalau anda suka gorengan, maka gorengan ubi menjadi pilihan menarik. Musim dingin ini banyak ubi dijual dengan harga yang relatif murah dan anda bisa goreng sendiri.

Namun, bukan berarti dimusim dingin ini kita harus dirumah saja atau bermalas-malas. Ingat, pekerjaan kita masih menanti di depan mata. Semoga musim dingin ini membawa hasil yang memuaskan.

Selamat menikmati musim dingin, semoga senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan dan kebahagian untuk anda sekeluarga. Semoga juga bagi anda yang ingin ke Jepang diberikan kemudahan untuk bisa mengunjungi negeri sakura. Saya sangat yakin akan banyak pengalaman yang bisa dibawa kembali ke Indonesia, untuk kembali berjibaku membangun bangsa Indonesia. Yuk mari…

Tsukuba, 05 November 2017
Supriyanto
debasupriyanto@apps.ipb.ac.id

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: