Oleh: Supriyanto Liwa | 28 September 2017

Membuat Web GIS opensource dengan Cepat

Web based Geographical Information System atau WEB GIS sangat populer akhir-akhir ini. Terlebih berkembangnya berbagai platform web based GIS dari provider-provider berbayar maupun gratis. Pertanyaannya adalah tools apa saja yang bisa digunakan oleh programmer pemula untuk mengembangkan Web Based GIS yang mumpuni namun juga tidak menyulitkan dalam programming. Salah satu tools yang dapat digunakan adalah leaflet.js.

Apa itu Leaflet.js ?

Leaflet adalah salah satu open-source GIS yang memadai untuk membangun aplikasi berbasis web. Based map yang digunakan sebagai default adalah openstreet. Tapi kita bisa menggantinya. Selain openstreet anda juga bisa mengoverlay dengan Google Maps sesuai dengan kebutuhan halaman web anda. Anda dapat mengakses laman berikut untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai leaflet.js. http://leafletjs.com/.

oke

Gabungkan dengan framework bootstrap

Akan lebih powerfull kalau agak kreatif sedikit dengan menggabungkannya ke user interface dengan framework bootstrap. Memanfaatkan boostrap anda akan dimudahkan dalam membuat tampilan. Tampilan dibangun dengan cara yang lebih cepat dan bagus. Selain itu, bootstrap akan menghemat waktu dalam membangun interface. Untuk contoh bootstrap bisa anda peroleh dari halaman web berikut: http://getbootstrap.com/docs/4.0/examples/.

oke

Web Dinamis dengan PHP dan MySQL

Selain itu, agar dapat menjadi web dinamis anda juga bisa menggabungkan dengan kodingan berbasis PHP dan MySQL. Bahasa pemrogaman ini tentu anda bisa pelajari secara terpisah. Butuh sedikit kreativitas untuk bisa menggabungkan dengan bahasa pemrograman ini.

Nah kalau dirangkum, berikut adalah kemampuan yang diperlukan untuk bisa menggunakan dan memhami leaflet.js:
1. Dasar HTML
2. Dasar Javascript
3. Dasar PHP dan MySQL
4. Dasar geospasial data (GIS)
5. Kreativitas dan kesabaran

Selamat belajar dan jika anda tertarik lebih lanjut dan menemui kesulitan dalam implementasinya. Silahkan kontak melalui informasi kontak dibawah ini.

Supriyanto, M.Kom
Bioinformatics Engineering Division,
Mechanical and Biosystem Engineering Department,
Bogor Agricultural University
Email: debasupriyanto@apps.ipb.ac.id

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: