Oleh: Supriyanto Liwa | 5 Januari 2017

Perpustakaan Institut Pertanian Bogor

Nah, kalau kemarin saya bercerita mengenai pengalaman memanfaatkan fasilitas perpustakaan University of Tsukuba di postingan sebelumnya. Saya ingin bercerita pengalaman memanfaatkan fasilitas Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB). Perpustakaan IPB terdiri dari perpustakaan pusat atau yang dikenal dengan nama Layanan Sumberdaya Informasi (LSI). Jika ingin berkunjung ke perpustakaan mahasiswa umumnya mengatakan akan ke LSI.

167816_1807280030438_3020695_n-1

Layaknya perpustakaan di tempat lain layanan yang ada di perpustakaan IPB ini diantaranya adalah :

Katalog Buku atau On-line Public Access Catalog (OPC)

Katalog buku ini disediakan baik secara online maupun dengan akses katalog yang ada di dalam perpustakaan. Pengunjung yang ingin mencari koleksi buku, terlebih dahulu mencari nomer panggil dari buku yang ingin dibaca. Selanjutnya pengunjung mencatat nomor panggil itu dan bisa langsung menuju ke koleksi dan meminjamnya. Untuk penelusuran ini disediakan komputer di lantai 1 dan lantai 2 perpustakan.

Koleksi Buku Perpustakaan

Pepustakaan IPB memiliki 45884 judul buku, 1995 disertasi, 9138 Tesis, 45115 skripsi, 1538 laporan penelitian, dan 1661 artikel[28], belum termasuk koleksi di perpustakaan fakultas dan perpustakaan jurusan. Untuk di perpustakaan pusat IPB, anda bisa mencari koleksi buku di lantai 1 dan koleksi skripsi, tesis, atau disertasi di lantai 2.

Akses Internet

Koneksi internet di lingkungan Perpustakaan IPB dapat menggunakan  hotspot atau Wifi.  Bagi pengguna yang memerlukan layanan akses internet disediakan di Ruang Layanan Digital. Koneksi internet ini menggunakan sistem layanan IT Institut Pertanian Bogor yang terkoneksi dengan DIDSI (Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi).

Lobi Perpustakaan

Lobi ini merupakan tempat favorit bagi mahasiswa dan para pengunjung. Pengunjung bisa membawa laptop mereka untuk mengerjakan tugas dan membaca disini. Lobi ini umumnya sangat ramai, terutama di musim-musim aktif akademik.

Ruang Diskusi

Perpustakaan IPB menyediakan 2 (dua) ruang diskusi (kapasistas 5 -10 orang) di Lantai 2, yang dapat digunakan oleh sivitas akademika IPB.  Bagi pengguna yang akan menggunakan ruang diskusi dapat menghubungi Bidang Pelayanan Perpustakaan.

Tempat Penitipan Tas/Barang

Untuk menjaga keamanan barang yang dibawa oleh pengguna perpustakaan, disediakan tempat penitipan tas/barang di sebelah kiri pintu masuk perpustakaan di Lantai 1.  Barang berharga dan laptop dapat dibawa masuk ke perpustakaan dengan menggunakan tas yang telah disediakan oleh petugas. Dahulu, barang dititipkan begitu saja. Namun sekarang sudah tersedia locker untuk menjaga keamanan dari barang yang ditinggalkan. Saran saya jangan meninggalkan barang berharga di tas. Sebaiknya anda bawa ke dalam perpustakaan.

Fotokopi dan Scanner

Bagi pengguna yang memerlukan jasa fotokopi dan scanning disediakan mesin fotokopi di Lantai 2 dan scanner di Ruang Layanan Digital. Anda bisa membayar biaya fotokopi sesuai dengan biaya standar fotokopi yang tersedia di kampus IPB.

Taman dan Ruang tunggu di depan Perpustakaan

Wah siapa yang tidak kenal dengan koridor LSI IPB. Banyak teman-teman dan termasuk saya saat menjadi mahasiswa memanfaatkan tempat duduk di depan perpustakaan untuk menunggu teman atau mengobrol. Bahkan beberapa kali saya memanfaatkan untuk mengerjakan tugas dan mengetik. Tentu, hanya bisa mengetik paling lama dua jam sampai batas batery laptop habis. He he …

Kantin

Wah, kalau University of Tsukuba tersedia Vending machine dan Starbuck. Perpustakaan IPB juga menyediakan kantin. Jadi jangan takut bagi anda yang kehausan atau ingin cemilan tinggal datang ke kantin dan membeli aneka snack. Saya biasaya membeli minuman dingin untuk menghilangkan rasa haus. Namun anda tidak diperkenankan membawa makanan ke dalam perpustakaan. Anda sebaiknya makan dan minum di tempat yang disediakan. Plus tolong sampahnya dibuang pada tempatnya ya, kita jaga fasilitas IPB ini bersama.

Parkir

Fasilitas parkir yang tersedia adalah roda empat dan sepeda. Anda bisa memarkirkan kendaraan roda dua (sepeda anda) disini. Sayangnya mayoritas mahasiswa masih menggunakan sepeda motor, sehingga mereka hanya diperkenankan parkir di tempat parkir sentral kampus. Lain kesempatan saya akan bercerita mengenai tata parkir di IPB. Perlu kerja keras dan ide kreatif kedepannya, agar mahasiswa lebih suka menggunakan roda dua (sepeda) untuk mendukung kegiatan akademik di kampus.

Musholla

Musholla adalah tempat yang paling penting bagi umat muslim. Mengingat mayoritas mahasiswa adalah umat muslim, maka disediakan juga musholla (praying room) di perpustakaan IPB. Pada saat sibuk, saya biasanya berada di perpustakaan sampai mendekati jam tutup 21.00. Ya, dulu waktu masih s1 selain mengurangi uang jajan dan membunuh waktu dengan banyak membaca.

Namun menurut saya, pengelolaan kebersihan musholla dan toilet ini perlu ditingkatkan. Sehingga kedepan, sebagai negara yang mayoritas muslim kita sediakan tempat solat yang baik untuk warganya. Manfaatnya apa, tentulah keberkahan dan kemajuan dari perpustakaan IPB kedepannya.

Fasilitas Langganan Jurnal

Nah ini yang belum banyak diketahui oleh pengunjung perpustakaan IPB. IPB sebenernya sudah melanggan banyak sekali jurnal internasional termasuk yang dilanggan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI). Seperti saya sampaikan di artikel saya sebelumnya Cara mendownload Jurnal Gratis. Anda bisa mendownload jurnal-jurnal tersebut melalui jaringan kampus IPB termsuk di perpustakaan IPB juga disediakan komputer akses untuk jurnal tersebut.

IPB Repository Online

Apa sih ipb repository online : http://www.repository.ipb.ac.id. Sejak diluncurkan repository ini menjadi sangat banyak diakses baik dari dala IPB maupun dari luar IPB. Apa saja yang bisa diakses disini: Koleksi disertasi, tesis, skripsi mahasiswa, karya ilmiah dosen, karya PKM mahasiswa, laporan penelitian. Ya ini adalah repository paling lengkap di IPB. Jadi anda duduk manis di rumah di depan laptop anda dapat membaca seluruh koleksi dari IPB. Tentu ini memudahkan bagi anda yang akan mendalami suatu bidang penelitian atau hanya untuk mengetahui hal-hal umum.

perpustakaan-ipb

Hanya perlu peningkatan dari mesin pencarian repository ini. Sehingga lebih mudah dalam mengakses dan menggunakan repository ini.

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: