Oleh: Supriyanto Liwa | 25 Desember 2016

Ueno Park – 上野公園, Ueno Kōen

Ueno park (上野公園, Ueno Kōen) merupakan taman publik di kawasan Tokyo, Jepang. Memang hal yang paling menarik di Jepang adalah, tersedianya taman-taman publik yang dapat menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Ya, kali ini saya dan teman-teman dari Tsukuba akan mengunjungi Ueno Park. Ueono park kami pilih sebagia destinasi ngebolang bulan ini.Seperti biasa kami berangkat dari Tsukuba dengan Tsukuba Express, turun di Minami Senju dan lanjut ke Stasiun Ueno.

Ueno park awalnya adalah kuil Kan’ei-ji yang merupakan kuil terbesar keluarga Tokugawa. Sejak restorasi meiji, lokasi ini dikonversi menjadi salah satu taman dengan bergaya arsitek Jepang yang diberi nama Ueno Park. Ueno park sendiri dibuka pada tahun 1876 M dan tahun 1882 M dibangun kebun binatang Ueno dan Museum Nasional Tokyo. Sejak tahun 1924M, Ueno park secara resmi diserahkan kepada pemerintah kota Tokyo oleh bagian rumah tangga kekaisaran dan diberi nama Ueno Koen Onshi, yang berarti “Taman Ueno Pemberian Kaisar”.

Nah, gambar dibawah ini memberikan gambaran posisi dari ueno park. Untuk lebih jelasnya kita bisa menelusur dengan google maps di link berikut [klik disini]. Anda dapat berjalan-jalan dengan menggunakan google street.

map

Nah, tempat pertama yang kami kunjungi adalah greenpark. Pada lokasi ini terdapat pemandangan yang indah berupa taman. Ya, bagi kita oran Indonesia tentulah taman di tengah kota yang terjaga seperti ini sangat jarang di jumpai. Ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Pada lokasi ini anda dapat duduk-duduk atau sekedar jalan-jalan santai.

IMG_5244.JPG

Apa saja yang kami kunjungi disini:

Kuil of Kaneji. 

Temple ini didirikan pada tahun 1625 oleh seorang biksu dengan nama Tenkai Sojo yang bekerja pada Tokugawa clan. Lokasi ini sangat menarik bagi anda semua, karena terdapat nuansa yang tenang dan sangat religius pagi umat budha.

Taito-ku Shitamachi Museum 

Museum ini memberikan informasi mengenai kehidupan masyarakat perkotaan Jepang pada masa lalu. Terlihat terdapat miniatur pertokoan ala Jepang pada masa lalu, permainan-permainan adak-anak dan menggambarkan situasi perkotaan pada masa lalu. Seiring perkembangan zaman, moderenisasi Tokyo tak bisa dibendung lagi, sehingga kita amat sulit melihat sisi tradisional bangunan ataupun arsitektur Jepang di Tokyo.

Museum ini buka setiap hari pada pukul 9.30 s.d. 16.30 dengan cukup membayar 300 yen bagi pengunjung dewasa. Lokasi nya berada di 2-1 Ueno Koen, Taito-ku, Tokyo 110-0007.

National Museum of Western Art

Museuum ini menampilkan seni barat, terutama seniman dari Eropa. Sejak masuk sampai keluar anda akan disuguhi pameran lukisan yang dilukis oleh seniman barat. Tentu anda harus pelan-pelan dan menikmati satu persatu karya itu.

 

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: