Oleh: Supriyanto Liwa | 6 Juni 2016

Pembinaan kemahasiswaan : persiapan menuju masa depan

Pembinaan kemahasiswaan di Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki dinamika dan perjalanan yang menarik. Umumnya pembinaan di kampus dibagi menjadi dua yaitu sisi akademik dan sisi kemahasiwaan (minat dan bakat). Sisi akademik menjadi tanggung jawab dosen pada program studi, sementara pembinaan kemahasiswaan umumnya ada yang mengelola sendiri.

Pembinaan kemahasiswaan biasanya tidak lepas dari adanya organisasi kemahasiswaan (ormawa), sebut saja di IPB ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) tingkat IPB dan tingkat fakultas. Namun juga berkembang pembinaan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa seperti pramuka, pecinta alam, pencak silat, ukm keagamaan, ukm olahraga dan minat bakat yang lain. Sistem pembinaan di BEM, DPM dan UKM pun memiliki ciri khas yang berbeda.

Sementara di level program studi juga dikembangkan organisasi kemahasiswaan yaitu himpunan profesi. Sebagai contoh pada program studi saya Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB) memiliki himpunan mahasiswa teknik pertanian (HIMATETA). Pada himpunan ini juga memiliki dinamika dan sistem pembinaan yang berbeda pula. Fokus himpunan profesi adalah pengembangan keprofesian sesuai dengan bidang di program studi tersebut.

Selain organisasi resmi tersebut, juga ada klub-klub mahasiswa yang membidangi berbagai bidang. Tentu dikaitkan dengan pembinaan minat bakat, menjadi sangat spesifik terhadap mahasiswa yang bersangkutan. Harapannya dengan ikut pada organisasi-oraganisasi kemahasiswaan tersebut mahasiswa terbiasa bekerjasama dengan orang lain.


Kategori

%d blogger menyukai ini: