Oleh: Supriyanto Liwa | 16 September 2015

Rancang bangun sistem pembelajaran interaktif Untuk melestarikan kebudayaan sunda dilingkungan siswa sekolah dasar berbasis Multimedia

Oleh : (1) Herfina, (2) Iqbal Suriansyah, (3) Supriyanto
(1) (2) Ilmu Komputer, Universitas Pakuan, (3) Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), FATETA, IPB

Kebudayaan sunda merupakan kekayaan yang diwariskan oleh para leluhur kepada generasi penerusnya. Budaya sunda sendiri terdiri dari :

  1. tulisan sunda,
  2. kesenian seperti tarian, waang golek, permainan anak, alat musik,
  3. peninggalan-peninggalan sejarah sunda, dan
  4. tata aturan masyarakat seperti pernikahan dan kehidupan sosial masyarakat lainnya.

Budaya sunda merupakan kurikulum wajib di Sekolah Dasar yang berada di Provinsi Jawa Barat. Saat ini pembelajaran bahasa sunda masih menggunakan media-media konvesional seperti buku, ceramah, dan peragaan-peragaan. Metode tersebut belum efektif digunakan.

Untuk memecahkan masalah tersebut, perlu dilakukan Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Interaktif Untuk Melestarikan Kebudayaan Sunda di Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Berbasis Multimedia.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran pengenalan budaya sunda yang berbasis multimedia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem terstruktur yang terdiri dari perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pengujian sistem. Penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan pelestarian budaya sunda.


Kategori

%d blogger menyukai ini: