Oleh: Supriyanto Liwa | 4 Juni 2015

Tarakan – Bulungan part 4

Saya kembali berkesempatan untuk melakukan perjalanan ke Bulungan via tarakan untuk yang ke-4 kalinya. Tahun 2014 berkesempatan untuk mengunjungi kota ini tiga kali. Ini terjadi karena Mas Admo Wibowo yang kenal saat mengerjakan pekerjaan Potensi Suberdaya Kelautan dan Perikanan (SKDP) tahun 2010 dan 2011 di DJKD Kementerian Dalam Negeri. Perkenalan ini berlanjut sampai di tahun 2014 dan 2015 berkesempatan untuk melakukan pembangunan Sistem Informasi Sumberdaya Alam Daerah (SISDA) Kabupaten Bulungan.

SISDA ini merupakan sistem yang didedikasikan untuk Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). Hal ini dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengelolaan data secara optimal. Kalau kita bicara Sistem Informasi maka kita akan kembali pada 5 komponen utama sistem informasi yaitu : (1) Hardware, (2) Software, (3) Hardware, (4) Dataware, dan (5) Netware.

Pengalaman yang cukup berkesan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah moda transportasi yang kami gunakan cukup banyak, mengingat jauhnya lokasi. Berikut Rangkumannya :
1. Perjalanan Bogor – Jakarta : Via Damri Bandara
2. Jakarta – Balik Papan : Pesawat Garuda
3. Balik Papan – Tarakan : Pesawat Garuda Indonesia
4. Tarakan – Bulungan : Pesawat Kalstar Aviation
5. Bulungan – Tarakan : Pesawat Kalstar
6. Tarakan – Balik Papan : Lion Air
7. Balik Papan – Jakarta : Lion Air
8. Jakarta – Bogor : Damri Bandara


Kategori

%d blogger menyukai ini: