Oleh: Supriyanto Liwa | 1 Juni 2015

Bahan Kuliah Teknik Informatika Pertanian

Teknik informatika pertanian memperkenalkan mahasiswa pada pemanfaatan IT untuk bidang pertanian dalam arti yang luas. Perkembangan teknologi saat ini mendorong semua sektor untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai upaya optimalisasi kegiatan-kegiatannya.

Salah satu teknologi yang dapat membantu para petani dalam rangkat meningkatkan pengetahuan dan akses terhadap teknologi adalah sistem pakar. Sistem pakar merupakan perangkat lunak yang dapat menjadi jembatan bagi pakar dan petani dalam sharing pengetahuan. Pengetahuan yang sifatnya teknik, metodologi, dan teknologi baik budidaya, panen, pasca panen, pemasaran, dan pengolahan produk pertanian. Berikut adalah materi terkait dengan sistem pakar yang sempat saya sampaikan dalam perkuliahan Teknik Informatika Pertanian :

Expert System

Sementara itu, perkembangan electronic commerce menjadi sangat sentral akhir-akhir ini. Perdagangan lintas provinsi, kabupaten, dan bahkan negara dapat dilayani dengan teknologi ini. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi sektor pertanian pada khususnya. Produk-produk pertanian baik olahan maupun segar dapat dipasarkan secara online dengan memanfaatkan Electronic commerce. Sudah banyak produk-produk  pertanian yang dapat diperdagangkan secara online diantaranya kopi, coklat dan produk-produk olahan lainnya. Berikut adalah materi mengenai E-commerce.

Prinsip Dasar E-Commerce

Semoga materi ini berguna bagi kita semua. Semoga pertanian indonesia semakin maju. Jayalah pertanian Indonesia, Jayalah Indonesia.


Kategori

%d blogger menyukai ini: