Oleh: supriyantoku | 14 April 2015

Ikut TIM TBI dalam Pengembangan SIG PTPN 4

Alhamdulillah pada tahun 2014 s.d. 2015 saya berkesempatan ikut dalam tim pengembangan SIG Produksi di PTPN 4. Yang terlibat dalam tim inipun cukup banyak yaitu : Prof. Kudang Boro Seminar, Dr. Mohamad Solahudin, Dr. Liyantono, Supriyanto (saya sendiri), Dwi Susanto S.Kom, Hasan Juhri ST, Alvin Fatikhunnada ST, dan Siti Asiah ST.

Pengembangan sistem ini mengikuti alur SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari tahapan Perencanaan, Analisis, Desain dan Implementasi. Sistem yang dibangun dapat menampilkan informasi perblok data produksi harian maupun bulanan.

  1. Kegiatan dimulai dengan menyusun requeirement yang dituangkan dalam bentuk proposal. Untuk perusahaan sekelas PTPN requirement yang diminta kepada tim memang cukup besar. Namun, karena semangat tim IPB adalah untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai upaya disseminasi hasil riset yang selama ini dikembangkan, pekerjaan ini layak untuk diperjuangkan.
  2. Tahapan selanjutnya adalah menuangkan kebutuhan sistem kedalam dokumen desain.
  3. Pada tahapan selanjutnya dilakukan instalasi dan ujicoba sistem. Pada tahapan ini dilakukan ujicoba di Kebun Adolina yang merupakan kebun terdekat dari Kantor Pusat PTPN 4.

 


Kategori

%d blogger menyukai ini: