Oleh: Supriyanto Liwa | 10 April 2015

Penelusuran Online Produk Pangan Halal

Penerapan perdagangan bebas ASEAN 2015 menjadikan Indonesia menjadi pasar potensial bagi produk-produk impor. Keamanan pangan merupakan isu penting sebagai upaya perlindungan konsumen di Indonesia kaitannya dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas berimplikasi pada perlunya sebuah metode tracing produk yang aman dan berstandar.

Standar yang diterapkan atas produk-produk lokal maupun impor diantaranya adalah Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Halal, dan Standar Keamanan Pangan Badan POM. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi online penelurusan produk pangan bersertifikasi sebagai upaya penjaminan mutu dan keamanan pangan yang dibeli oleh konsumen Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) prototyping yang terdiri dari tahapan : (1) Analisis, (3) Desain, (3) Implementasi, dan (4) Pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem online yang terintegrasi antara standar Nasional Indonesia, Standar Halal MUI, dan Standar Keamanan Pangan Badan POM Republik Indonesia. Aplikasi dapat diakses melalui web, dan aplikasi berbasis mobile android.

Kata Kunci : Keamanan Pangan, perdagangan bebas, aplikasi online


Kategori

%d blogger menyukai ini: