Oleh: Supriyanto Liwa | 8 Februari 2015

Masjid Graha Arradea-ku

Perumahan Graha Arradea memang tergolong baru dan merupakan perumahan kecil. Sangat menarik tinggal disini, karena penghuninya hadir dari berbagai kalangan. Baik dari segi profesi maupun dari segi yang lainnya.

Hal yang sangat saya syukuri adalah adanya masjid sebagai fasilitas ibadah umum bagi umat muslim. Masjid ini diberi nama Al Muttaqiin yang artinya orang-orang yang bertakwa. Terjemahan bebasnya, masjid ini dijadikan sarana untuk mengaktualisasikan taqwa dalam kehidupan nyata.

Memaknai taqwa pada level implementasi tentu tidaklah mudah. Perlu ada usaha terus menerus untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. Masjid sebagi simbol persatuan ummat, dimana masjid menjadi tempat mendekatkan diri kepada Allah berfungsi sekaligus sebagai wadah mendekatkan sesama umat muslim.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Muttaqiin Perumahan Graha Arradea yaitu :

Pengajian Rutin Minggu Pagi

Pengajian minggu pagi ini dilaksanakan setelah subuh sampai terbitnya matahari. Waktu ini adalah waktu emas, dimana warga banyak yang berkumpul dan menyempatkan waktunya untuk ikut dalam kegiatan pengajian ini.

Pengajian Malam Senin

Kenapa malam senin? karena malam senin ini adalah waktu yang baik bagi warga perumahan. Umumnya pada hari minggu warga libur dan memiliki kesempatan untuk meramaikan masjid. Pengajian ini sendiri disampaikan dengan ringan agar memahamkan kita pada pengetahuan-pengetahuan agama.

Pembacaan Surah Yasin dan Tahlil setiap malam Jumat

Terlepas dari kontroversi pembacaan surah yasin dan tahlil pada malam jumat, DKM Al Muttaqiin mencoba mengaktifkan pembacaannya disetiap malam Jumat. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan cinta pada Al Quran dan sama-sama membaca Al Quran dan memuji Allah dalam satu majelis.

Peringatan-Peringatan Hari Besar

Peringatan-peringatan hari besar dilaksanakan diantaranya dalam menyongsong hari besar Islam dan meningkatkan syiar islam. Peringatan hari besar yang dilakukan diantaranya adalah :

  1. Peringatan 10 muharram
  2. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW
  3. Peringatan isro’ mi’roj Nabi Muhammad SAW
  4. Pelaksanaan tarawih bersama dan shalat iedul fitri
  5. Pelaksanaan iedhul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

Kategori

%d blogger menyukai ini: