Oleh: supriyantoku | 22 Mei 2014

Digital marketing and Search Engine Optimization

Kamis dan Jumat ini (22-23 Mei 2014), saya mendapat tugas dari Departemen untuk ikut menuntut ilmu mengenai digital marketing and Search Engine Optimization (SEO).

Kalau kita lihat perangkingan website IPB dalam webometric tahun 2014 menduduki ranking 8 di Indoensia. Kondisi ini menunjukkan adanya penurunan dari periode sebelumnya. Hal ini tentu perlu menjadi concern mengingat dunia digital sudah sangat berkembang.

webometric

Pemateri pertama di pelatihan ini adalah. Ihsan Ramadhi Putra (Managing Director of InboundID, Start Up Junke and Gooners). Isi materinya kira-kira sebagai berikut :

Adapun beberapa penting kenapa Digital Marketing Penting :
Digital is Sexy

  1. Data dari ITU, hampir 20 persen penduduknya menggunakan internet untauk komunikasi.
  2. Waktu yang digunakan untuk mengakses internet cukup tinggi, yaitu 5,5 jam.
  3. Mobile active sekitar 14% di Indonesia. PC 80 Juta orang.
  4. Waktu penggunaan social media 2,2 jam per hari.
  5. Baru 15% penduduk Indonesia yang menggunakan Internet.

Internet Change People

  1. Merubah pola konsumsi terhadap media.
  2. Berita dicari melalui internet.
  3. Saat ini sudah digunakan banyak apss untuk mengkonsumsi media.

Digital is not only about surfing FB, Youtube, Googling and Downloading Journals

  1. Banyak yang menjadikan twitter, dan social media untuk CRM.
  2. Digital dan social media dijadikan sebagai : (a) microfinancing, (2) outsourcing job, (3) Social Movement

Start is Right
Ada teknik yang bisa dipakai yaitu mengikuti siklus :

  1. Think
  2. Create
  3. Engage
  4. Optimise

Inbound atau Outbound Marketing
Convert Visitors into leads
Nurtures thos lead into goals

Digital is Visible

Materi kedua disampaikan oleh Pandu @padmanegara, Head of Strategy, RAcK digital
Co Funder, Communicaption
Initiator dan moderator
http://www.padmanegara.com
Social.Media.Strategist (Facebook group).


Kategori

%d blogger menyukai ini: