Oleh: Supriyanto Liwa | 13 Februari 2014

Plagiarism

Plagiarisme akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan. Mudahnya mencari infomrasi di Internet membuat orang lebih mudah menemukan literatur yang ia perlukan. Tidak jarang kita mengcopy pastekan saja artikel yang kita temukan di internet. Tanpa sadar, kadang kita menggunakannya untuk penulisan ilmiah tanpa menyebutkan darimana sumbernya.

Saya kira ini adalah pola atau kebiasaan kita yang masih belum terbiasa menulis ilmiah. Memang kemampuan menulis ilmiah ini saya akui cukup beragam baik di kalangan dosen maupun mahasiswa. Tidak semua peduli (aware) terhadap permasalahan ini.

Plagiarisme sendiri merupakan upaya penjiplakan atau pengambilan karangan, atau pendapat dari orang lain dan menjadikan seolah karangan atau pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai pidana, karena dianggap mencuri dari orang lain. Hukuman yang ditimpakan kepada pelaku plagiat oleh perguruan tinggi/universitas terkadang juga cukup berat.

Namun demikian, kita juga tidak perlu paranoid atau terlalu takut untuk menulis. Jangan sampai di fikiran kita langsung muncul : jangan-jangan saya plagiat? dll… Anda dapat mengecek tulisan anda apakah original atau tidak dengan cara menggunakan plagiat checker yang dapat anda akses di sini : http://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Pada dasarnya website ini digunakan untuk melihat kesamaan tulisan kita dengan tulisan yang sudah ada di internet. Paling tidak, kita menulis dengan cara yang unik.

 


Kategori

%d blogger menyukai ini: