Oleh: Supriyanto Liwa | 2 Juli 2013

Cyber Extension Komunitas Petani Cabai Kab. Lampung Barat

IPB Goes to filed adalah sebuah kegiatan yang melibatkan mahasiswa untuk turun ke desa, mengaplikasikan ilmu sekaligus belajar dari masyarakat di lapangan, Kegiatan IPB Goes to field atau yang disingkat IGTF ini diadakan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa untuk peka terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di Lapangan.

Salah satu kabupaten sasaran kegiatan IGTF tahun 2013 adalahdaerah Liwa, Lampung Barat. Tema kegiatan yang dilaksanakan adalah : Cyber Extension Komunitas Petani Cabai Liwa, Kabupaten Lampung Barat.

Banyak hal yang dilakukan oleh peserta bersama dengan petani diantaranya adalah :
1. Diskusi mengenai potensi pertanian dan perkebunan dengan Badan Perencanaan Daerah.
2. Diskusi mengenai kegiatan penyuluhan dengan Badan Penyuluhan pertanian Kecamatan Balik Bukit. Pada saat diskusi bertemu dengan Bapak Ahliyansyah, S.H yang merupakan Kepala BP3K kecamatan Balik Bukit.
3. Pemetaan kesuburan lahan milik komunitas petani cabai merah di Kecamatan Balik Bukit. Pemetaan kesuburan lahan meliputi uji pH, uji kadar P dan K tanah. Terdapat 25 lokasi yang dipetakan kesuburan lahannya. Selanjutnya hasil dari pemetaan tersebut akan dijadikan bahan untuk berkonsultasi melalui sistem yang rekomendasi pupuk yang telah dibangun oleh Institut Pertanian Bogor.
4. Plant Scouting (pengamatan hama dan penyakit tanaman) : dilakukan untuk mengetahui jenis serangan yang sering muncul dan teknik pengendaliannya di lapangan. Peserta melakukan pengumpulan data dan informasi mengenai hama dan penyakit yang ditemu kenali di lapangan.
5. Diskusi dengan petani sukses. Diskusi dengan petani sukses dilakukan untuk mendapatkan informasi teknik budidaya dan manajemen agribisnis agar dapat sukses di bidang pertanian.
6. Temu tani : temu tani ini adalah wahana berdiskusi dengan para ahli dari Institut Pertanian Bogor. Akan datang pada kesempatan kali ini adalah Prof. Kudang Boro Seminar, M.Sc (Peneliti dan dosen teknologi informasi pertanian IPB), Dr. Ir. Widodo, M.S (Peneliti dan dosen departemen proteksi tanaman IPB), dan Supriyanto, S.Tp, M.Kom (peneliti dan dosen teknik bioinformatika IPB). diskusi akan melibatkan petani-petani di kawasan kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat.


Kategori

%d blogger menyukai ini: