Oleh: Supriyanto Liwa | 24 Maret 2012

Dosen Muda

Menjadi dosen, tidak terbayang dalam benak saya sebelumnya. Waktu bergabung di pascasarjana Ilmu Komputer IPB lah yang membuat saya banyak kenal dosen-dosen dari perguruan tinggi di Indonesia. Ada kawan yang dari Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung, Universitas pakuan, universitas ibnu Khaldun, BATAN, Unisma Bekasi dan universitas-universitas lainnya di Indonesia. Ini membuat saya tertarik pada dunia mengajar.

Awal saya mengajar diajak oleh seorang teman (saat ini sudah mendahului kita : semoga amal dan ibadahnya diterima Allah SWT), di universitas Ibnu Khaldun, Bogor. Saat itu saya kurang beruntung, karena mengajar kelas perbaikan (pengulangan). Namun ini cukup berkesan juga, karena bisa bertemu dengan para mahasiswa di sini. Suatu hari, saya ditawari mengajar di kelas khusus Universitas Nasional Pasim. Mulai saat inilah saya merasakan mengajar adalah sebuah kenikmatan. Bisa bertemu dengan mahasiswa, rekan, dan ilmu – ilmu baru. Mengajar di kampus ini memang cukup berat, bergelut dengan kantuk (karena memang kuliahnya malam). Harus membuat mahasiswa suka terhadap mata kuliah merupakan tantangan tersendiri.

Hal lain yang menarik saat menjadi dosen adalah pada saat mengarahkan mahasiswa untuk melakukan penelitian (skripsi). Ini bagian yang paling saya suka. Walupun kadang cukup sedih jika ada mahasiswa yang gagal atau terhambat di tugas akhirnya (skripsi). Mengingat skripsi merupakan syarat utama kelulusan seseorang untuk dapat memperoleh gelar Sarjana (S1). Berbagai topik dan strategi kadang terlintas dikepala, sehingga hari-hari selalu mencari topik apa? bagaimana peluangnya? semua berkecamuk dalam fikiran.

Oleh : Supriyanto, S.TP, M.Kom
Dosen Universitas Pakuan, Bogor
Alumni Institut Pertanian Bogor
Alumi SMAN 1 Liwa, Lampung Barat
Alumni SMPN 1 Liwa, Lampung Barat

)


Kategori

