Oleh: Supriyanto Liwa | 1 Januari 2012

Meluruskan Lagi Konsep Perubahan

Kalau kita kenal istilah perubahan (Change) itu adalah proses bergeser dari satu gaya pemikiran atau keadaan menuju keadaan lainnya.

anda akan memilih perubahan (change) karena kondisi yang lalu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Bicara perubahan maka ada yang sifatnya menyeluruh atau biasa dikenal dengan istilah re-engineering. Atau hanya change pada bagian – bagian tertentu saja (analoginya seperti penggantian onderdil pada kendaraan kita).

Namun perubahan dalam aspek sosial membutuhkan banyak pertimbangan. Apakah kemudian perubahan itu akan menimbulkan dampak positif (empowerment) atau justru negatif. Perubahan yang tidak terencana akan menimbulkan kesengsaraan lain setelah keluar dari kesengsaraan sebelumnya. Dari mulut buaya masuk mulut singa…

Perubahan (change) di daerah tingkat dua seperti Lampung Barat umumnya didefinisikan secara sempit. Perubahan hanya dilihat dari perubahan rezim atau perubahan kepemimpinan. Tapi sebenarnya sistem tetap mengadopsi sistem yang lama. tentu karena terbentur berbagai hal seperti aturan yang berlaku, birokrasi, kepentingan poilitik dan lain-lain. Yang pasti semua ingin selamat dan kadang cara-cara lama masih menguntungkan dalam pemerintahan.

Misalnya untuk memuluskan sebuah proyek perlu ada dana yang disetor kepada kepala daerah. Cara ini akan tetap ada karena budaya lama, dan banyaknya kontraktor yang berkompetisi dan mau memberikan fasilitas tersebut kepada kepala daerah dan jajarannya.

Lalu bicara perubahan (change) perubahan seperti apa yang harusnya dilakukan oleh kita sebagai masyarakat yang tentu akan terus menjadi korban zaman apabila tidak memiliki konsep perubahan yang mapan. Konsep perubahan yang mapan tentu tidak akan terpengaruh oleh pergolakan politik dan kepemimpinan formal suatu daerah.

Pemikiran tentang perubahan yang berasal dari pergerakan hati nuranilah yang akan menjadi pilar penyokong perkembangan lampung barat menjadi kabupaten yang terkemuka di Lampung. Tentu perlu banyak pemikiran dan partisipasi dari seluruh warga Lampung Barat.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk berbagai pengetahuan dan pemikiran yang kreatif. Dengan menulis dan memberikan pendapat yang baik tentu akan menambah khasanah pengetahuan. Sehingga perubahan yang kita harapkan adalah perubahan yang benar-benar menuju kebaikan. Bukan perubahan yang hanya akan menyengsarakan rakyat kita.


Kategori

%d blogger menyukai ini: