Oleh: Supriyanto Liwa | 6 November 2011

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir

Tugas akhir bagi mahasiswa baik D3 – S1 ataupun S2 sama – sama merupakan proses akhir dari seluruh kegiatan pembelajaran di Kampus. Pihak perguruan tinggi, akan melakukan penilaian akhir dari tugas akhir yang dikerjakan. Banyak sekali kasus mahasiswa yang kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir. Ini saya rasakan saat saya sedang kuliah di S1 dan S2 di IPB. Tugas akhir itu seolah-olah mudah, atau terkadang seolah-olah sulit padahal mudah. Semua tergantung kepada beberapa hal diantaranya adalah : kemampuan kita dalam menggali topik, kemampuan kita dalam mengerjakan kaitannya dengan hal – hal teknis, semangat yang kadang naik turun, dan faktor dosen pembimbing.

Saya kira faktor-faktor tersebut adalah faktor umum yang akan menentukan sukses atau tidaknya seseorang dalam mengerjakan tugas akhir. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan saat mengerjakan tugas akhir :
1. Carilah dosen pembimbing yang cocok dengan topik yang anda inginkan. Ataupun jika dosen sudah ditentukan oleh pihak kampus, maka anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan dosen bersangkutan agar proses pembimbingan berjalan lancar.
2. Tentukan topik dengan selalu berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Komunikasi yang baik membuat anda dan dosen pembimbing punya asumni dan pandangan yang sama terhadap topik yang dimabil dalam penelitian. Kesamaan persepsi ini sangat penting agar penelitian anda dapat berjalan dengan lancar.
3. Temukan komunitas (teman-teman) yang dapat mendorong anda untuk terus bersemangat dan tidak putus asa saat mengalami kesulitan. Syukur-syukur temannya memiliki bidang ilmu yang sesuai agar jika kita menemui kesulitan dapat segera di selesaikan dengan baik.
4. Selalu berdoa kepada Allah tentu menjadi faktor yang paling menentukan, karena semua ada di tangan-Nya.

Semoga tips ringan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Supriyanto, M.Si
Alumni SMA Negeri 1 Liwa, Lampung Barat (2004)
Alumni S1 Teknik Pertanian yang sekarang jadi Teknik Mesin dan Biosistem, IPB (2008)
Alumni S2 Ilmu Komputer IPB (2011)


Kategori

%d blogger menyukai ini: