Oleh: Supriyanto Liwa | 27 Oktober 2011

Komputer Untuk Petani

Berbicara mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tentu kehidupan kita tidak terlepas dari hal tersebut. Berbagai perangkat telekomunikasi mulai dari telepon rumah (fix line), handphone (mobile), dan perangkat-perangkat lain yang berkembang begitu pesat hari ini. Berbagai produsen di bidang TIK memperkenalkan produk-produk mereka, dan memberikan layanan kepada pelanggannya.

Kembali ke judul yang disampaikan diatas, Komputer Untuk Petani. Tentu jika berbicara pertanian, asumsi masyarakat Indonesia adalah bidang sangat tertinggal, termarginalkan, baik dari sisi kebijakan maupun dari persepsi masyarakat sendiri. Sementara itu, banyak sekali peluang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang pertanian.

Salah satu diantaranya adalah yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswa IPB yaitu membuat Sistem Konsultasi Online Agribisnis Cabai (Capsicum anuum. L). Sistem ini saat ini berjalan di dua flatform yaitu Web dan WAP (mobile device). Penelitian dilaksanakan oleh saya sendiri dan seorang rekan Bpk Erlan Darmawan, kami sama-sama sebagai mahasiswa Ilmu Komputer angkatan 2009 IPB. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, M.Sc, Prof. Dr. Sriani Sujiprihati (almarhumah), dan Hendra Rahmawan, S.Kom, M.T. Selain itu dukungan dari Dr. Widodo menjadikan sistem dapat dibangun dengan baik.

Hal yang sangat membuat saya risau saat ini adalah, bagaimana menerapkan sistem yang saat ini sudah dikembangkan. Tentu berbagai ide dan gagasan serta kerjasama dari semua pihak diperlukan dalam hal ini. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah menjadikan petani memiliki daya saing dengan menerapkan Good Agricultural Practices (GAP). GAP akan tercapai jika petani memiliki akses pengetahuan (Knowledge Based). Pengetahuan akan didapatkan dengan mudah oleh petani, jika petani memiliki akses yang baik terhadap sumber informasi/pengetahuan tersebut. Tentu hal ini menjadi penting untuk diperhatikan.

Ide – ide untuk mengembangkan bidang pertanian tentu tidaklah berhenti sampai disini. Semoga dikemudian hari saya dapat mewujudkan mimpi agar petani menjadi pengguna langsung (direct user) dari teknologi. Semoga demikian, amiin-amiin.

Supriyanto, M.Si
Alumni SMAN 1 Liwa (2004)
Alumni S1 Teknik Pertanian IPB (2009)
Alumni S2 Ilmu Komputer IPB (2011)


Kategori

%d blogger menyukai ini: