Oleh: Supriyanto Liwa | 19 Agustus 2011

Pengembangan Mobile Learning Berbasis Flash For Mobile dan Java (J2ME)

Oleh : Supriyanto
Mahasiswa S2 Ilmu Komputer IPB
Alumni SMAN 1 Liwa, 2004

Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu pesat, salah satu perangkat mobile yang saat ini sudah umum digunakan adalah telepon seluler. Telepon seluler yang digunakan oleh siswa sekolah menengah pertama dan atas umumnya sudah mendukung akses internet, mp3/mp4 player, kamera digital, video recorder, dan banyak diantaranya yang sudah mendukung aplikasi java dan dapat mengakses berbagai multimedia seperti audio dan video.

Banyak telepon seluler yang sudah memberikan layanan pembelajaran bahasa inggris sebagai konten ekstra di yang tertanam di ponsel. Namun ini belum cukup bila digunakan oleh siswa untuk kegiatan pembelajaran, konten yang terbatas dan masih tergantung pada vendor yang menyediakan telepon seluler. Maka perlu dibuat sebuat media pembelajaran dengan menggunakan java mobile untuk berbagai mata ajaran yang ada di sekolah.

Banyak penelitian yang telah dilakukan yang mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile (mobile learning). Penelitian tersebut diantaranya pembuatan media pembelajaran bahasa Inggris dengan mobile learning yang dikembangkan oleh Anararki dari Universitas Assumtion, Bangkok Thailand pada tahun 2009 (Anararki, 2009). Pada penelitian tersebut diekmbagkan mobile learning dengan menggunakan animasi flash atau yang dikenal dengan Flash Mobile Learning. Penelitian ini dikembangkan untuk pembelajaran bahasa inggris bagi pengguna bahasa lokal di Thailand. Penelitian lain yang terkait adalah penelitian yang dilakukan oleh Salemah yang mengembangkan sistem multimedia offline telepon seluler untuk pembelajaran bahasa inggris (Salemah, 2011).

Selain menggunakan flash for mobile (animasi flash untuk telepon seluler) media pembelajaran dapat dikembangkan dengan menggunakan Java mobile (J2ME). Java dipilih karena saat ini berbagai mobile phone sudah memiliki fitur untuk menjalankan aplikasi berbasis java. Telepon seluler berbasis android pun dikembangkan dengan menggunakan Java dengan harga yang cukup murah dipasaran saat ini.

Jika anak hampir 80 % siswa memiliki telepon seluler yang mendukung aplikasi Java dan flash for mobile tentu mobile learning sangat urgent untuk dikembangkan. Tim Komputer SMA Liwa tentu perlu mengeksplore untuk mengembangkan berbagai kontent (media) ajar ini. Agar kedepannya banyak aplikasi yang muncul dari kegiatan-kegiatan tim.

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

DAFTAR PUSTAKA
[1] Salameh, Osama. 2011. A Multimedia Offline Cell Phone System For English Language Learning. Inernational Arab Journal of e-Technology, Vol 2, No 1, Januari 2011.
[2] Anararki, Firouz B. 2009. A Flash-Based Mobile Learning System for Learning English as a Second Language. 2009 International Confrence on Computer Engineering Technology : IEEE Computer Society.


Responses

  1. Ini hanya membahas sedikit tentang mobile learning ..

    Suka

  2. op tow kang

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: