Oleh: Supriyanto Liwa | 22 Juli 2011

Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Oleh : Supriyanto
Mahasiswa S2 Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor

Penyusunan rencana strategis sistem informasi (SI) dan teknologi Informasi (TI) merupakan hal yang penting bagi organisasi saat ini, baik pemerintahan ataupun swasta. Kebutuhan bisnis yang semakin hari semakin tidak terlepas dari Teknologi dan Sistem Informasi menjadi alasan lain perlunya dibangun sebuah rencana strategis (renstra). Renstra tidak hanya sekedar menjelaskan apa yang akan dilakukan, tapi juga menganalisa kondisi existing (saat ini).

Kondisi yang ada saat ini menjadi benchmark untuk penyusunan renstra. Banyak organisasi yang tidak mengetahui kondisi SI dan TI yang dimilikinya saat ini. Sebarapa penting SI dan TI bagi pekerjaan mereka. Banyak yang hanya berpuas dengan cara kerja yang mereka terapkan saat ini. Hanya menjadikan komputer sebagai mesin ketik, tanpa berfikir jauh kedepan. Ketika ini dibiarkan saja seperti ini, maka organisasi akan jauh tertinggal dan kalah bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain.

Kita ambil contoh sebuah maskapai yang menawarkan penerbangan pada lingkup nasional dan internasional. Bagaimana kemdian mereka menjadwalkan sumber daya (pesawat dan pegawai) mereka agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Bagaimana mereka bertukar data antar bagian? Bagaimana mereka mengelola asset mereka? Tentu semua pekerjaan itu tidak terlepas dari keberadaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Belum lagi berbagai aktivitas yang harus dilakukan secara realtime dan terhubung dengan seluruh kantor cabang yang ada. Tentu perusahaan harus mempertimbangkan penambahan investasi SI dan TI dalam hal ini.

Permasalahan yang muncul kemudian adalah apa prioritas investasi kita? bagian apa? berapa budgetnya? bagaimana ruang lingkupnya? Tentu perlu dilakukan analisis yang komprehensif dalam membuat perencanaan investasi (pembangunan) Sistem Informasi dan TI sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Selain memenuhi kebutuhan bisnis juga tidak usang oleh waktu (efek dari perkembangan teknologi di masa depan).

Solusi yang dapat diambil adalah peruhaan perlu mempertimbangkan untuk melakukan penyusunan rencana strategis dan rencana arsitektur dari Teknologi Informasi yang akan digunakan di dalam perusahaan. Pada akhirnya tersusun sebuah konsep besar yang pada akhirnya akan mengoptimalkan investasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Memberikan jaminan bahwa investasi tidak mubazir.


Kategori

%d blogger menyukai ini: