Oleh: Supriyanto Liwa | 17 Maret 2011

Suara Rakyat – part 1

Oleh : Supriyanto
Liwa, Lampung Barat

Suara rakyat itu apa sebenarnya? banyak masyarakat tentu bertanya sebenarnya apakah para wakil rakyat mencerminkan suara rakyat. Suara keadalian, suara kebenaran, suara hati nurani, ataukah suara dari golongan mereka (wakil rakyat saja). Agak miris memang, karena kita tahu banyak golongan masyarakat di wilayah Indonesia….

Pemilihan umum baik nasional maupun daerah dirasa hanya untuk melanggengkan kekuasaan saja. Sementara itu, tidak di ikuti dengan produktivitas dan kecintaan terhadap masyarakat yang tinggi saat menjabat. Saat program kerja berjalan maka dengan spanduk yang besar di pasang bahwa ini adalah pencapaian Bupati A, Gubernur A, dan Presidean Z. Luar biasa betapa mereka sangat bangga dengan pencapaian itu. Namun ketika terjadi kegagalan mereka berkilah, ini program pemerintah pusat, ini tugas dari pemerintah daerah, dan ini itu. Alasan-alasan yang membuat bosan rakyat mendengarnya….

Ini membuktikan bahwa tidak proporsionalnya antara ketika memperoleh keberhasilan dan kegagalan. Seperti apa sebenernya suara dari sebagian besar (mayoritas) masyarakat kita. Tahukah kita yang sebenarnya mereka rasakan. Tentu akan berbeda untuk masing-masing lapisan masyarakat. Sulit untuk mendapatkan generalisasi dari suara rakyat….

Mari kita renungkan..


Kategori

%d blogger menyukai ini: