Oleh: Supriyanto Liwa | 25 Februari 2011

Kopi Luwak, Ramai dibicarakan

Kopi luwak yang merupakan seduhan kopi yang berasal kotoran luwak. Mula-mula luwak memakan kopi baik secara alami (di kebun), atau diberikan makanan kopi segar, kemudian di akan mengeluarkan kotoran berupa biji kopi yang disebut dengan kopi luwak. Konon, kopi luwak memiliki keunggulan karena telah di fermentasi di dalam lambung luwak (musang). Kemasyhuran kopi luwak ini sebenarnya sudah lama, walaupun masyarakat umum Indonesia mengenal nya setelah di publikasikan melalui berbagai media. Salah satu daerah yang saat ini memproduksi kopi luwak adalah Liwa Lampung Barat.

Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram (wikipedia.com). Harga ini tergolong cukup malah dibandingkan dengan jenis kopi biasa. Saat ini bahkan petani sudah banyak yang melakukan penangkaran luwak. Penangkaran ini dalam rangka mendapatkan kopi luwak secara kontinue dengan jumlah yang memadai. Hal ini dilakukan untuk menembus pasar, yang menghendaki kontinuitas dan kuantitas yang memadai. Hal ini karena kopi luwak merupakan jenis kopi yang eksotis.

Seduhan Kopi

Secangkir Kopi, Untuk Menemani

Gambar diatas merupakan contoh seduhan dari kopi luwak liwa. Seduhan kopi luwak liwa umumnya menggunakan cangkir, namun di beberapa daerah seperti Liwa – Lampung Barat terkadang bisa di seduh di dalam gelas. Bagi anda penggemar kopi luwak liwa yang masuk kategori pemula ada baiknya menyeduh tidak terlalu kental, dan dapat menggunakan cream dalam menyeduh.

Semoga anda menikmati hidangan kopi luwak liwa (kopi luwak lampung barat) sebagai teman sajian ketika sedang mengobrol. Selamat mengobrol.

https://supriliwa.wordpress.com
email : supriyanto_ipb@yahoo.com


Responses

  1. Allow kang….. Muantafff… Perlu diikuti jejaknya…

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: