Oleh: Supriyanto Liwa | 15 November 2010

Pasar Tradisional Sukau, Lampung Barat

Pasar tradisional harus selalu dihidupkan di daerah kita, Liwa – Lampung Barat dan sekitarnya. Karena disinilah sebagian masyarakat menggantungkan hidupnya. Dengan kata lain Pasar Tradisional merupakan urat nadi perekonomian masyarakat desa….

Hadirnya Indomaret dan alfamart tentu menjadi ancaman tersendiri terhadap pasar tradisional. Terlebih Indomaret ada di hampir setiap desa. Coba dibayangkan kalau sudah ada indomaret, orang cenderung meninggalkan warung-warung dan pasar tradisional.

Perlahan tapi pasti perekonomian masyarakat yang menggantungkan dari sektor ini akan melemah. Hal ini menjadikan masyarakat tertinggal, karena uang hanya dinikmati oleh pengusaha-pengusaha besar saja. Lalu bagaimana kita menyikapi hal ini, apakah kita dan pemerintah daerah hanya diam? Sungguh ironis jika kita tidak mampu menanggulangi hal ini.

Cara yang mungkin bisa dilakukan adalah membuat pasar-pasar tradisional menjadi pasar yang layak dan nyaman untuk dikunjungi pengunjung. Sehingga masyarakat cenderung membeli barang di sana. Setidaknya perekonomian masyarakat bergerak disini. Masyarakat dapat memiliki mata pencaharian alternatif, dan tentu kita juga yang akan merasakan kenikmatan ini.


(Foto : Eka Pendi Aspara).

Coba lihat gambar diatas, merupakan salah satu produk kreatif (Babalang) yang di produksi oleh masyarakat Sukau, Lampung Barat. Tentu masih banyak produk lain yang punya potensi untuk diperdagangkan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk diekspor.

Oleh : Supriyanto
Foto : Eka Pendi Aspara


Responses

  1. Kita harus tetap perjuangkan pasar tradisional.

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: