Oleh: Supriyanto Liwa | 10 Juli 2010

Media Tanam Hydrogel

Media tanam Hydrogel adalah media tanam Hidroponik baru. Pada dasarnya hydrogel adalah polymer baik itu sintetik (e.g. polyacrylamide and polyvinyl alcohol), natural (e.g. alginate and gelatin), atau biologi (e.g. collagen and amnion) yg mengandung /dapat menyerap air (Super Absorber).

Hydrogel bisa biodegradable, bisa pula tidak. Di beberapa tempat, campuran antara hydrogel dan tanah untuk memperlambat kekeringan air pada tanaman atau untuk maksud pengaturan pemupukan sudah dikembangkan.

Hydrogel yang kita bahas sekarang adalah senyawa hasil perkembangan di bidang perkebunan yang konon mampu menyimpan 400 kali lipat dari berat air. Karena sifat inilah hydrogel mampu menggantikan media tanah, batu, atau air sekalipun.

Selain terlihat lebih indah, perawatan tanaman dengan media tanam hydrogel cukup mudah dan praktis. Kalau tanaman sudah mampu beradaptasi dengan baik, kita hanya cukup menyemprotnya satu sampai dua bulan sekali saja. Selain itu, hydrogel juga tepat digunakan untuk merangkai bunga potong agar bertahan segar lebih lama.


Kategori

%d blogger menyukai ini: