Oleh: Supriyanto Liwa | 16 Februari 2010

Sistem Informasi Kependudukan Bagian 1

Kependudukan merupakan permasalahan yang penting untuk diperhatikan di tingkat pemerintah daerah. Kenapa pemerintah daerah? karena pemerintah daerahlah yang langsung punya akses terhadap masing-masing keluarga yang ada di daerahnya. Perencanaan pembangunan tentu juga harus sesuai dengan kondisi demografi termasuk kependudukan di masing-masing wilayah. Lampung Barat sebagai daerah yang berada diantara kawasan bukit barisan selatan tentu perlu membuat langkah-langkah strategis di bidang kependudukan.

Hal yang sangat penting kaitannya dengan pengelolaan kependudukan adalah informasi kependudukan. Informasi kependudukan ini mutlak dibutuhkan dalam mendukung berbagai konsep pembangunan daerah. Lampung Barat dengan kondisi geografis yang pegunungan dan pantai perlu membuat sebuah strategi dalam pengelolaan kependudukan. Data penduduk lampung barat seharusnya tidak hanya dicatat, namun perlu digunakan dalam berbagai keperluan kaitannya dengan kesejahteraan dan keperluan pokok masyarakat diantaranya :

1. Kesehatan, dimana perlu ada obyetifitas data terkait kondisi kesehatan masyarakat
2. Tenaga Kerja, pemerintah daerah lampung barat khususnya perlu tahu bagaimana kondisi ketenaga kerjaan di wilayahnya. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung kebijakan di bidang ketenagakerjaan.
3. Pendidikan, strategi pendidikan tentu sangat terkait langsung dengan kependudukan. Perencanaan pembangunan di bidang pendidikan tentu harus memperhatikan kondisi penduduk setempat.

Tantangan yang dihadapi pemerintah daerah semakin hari semakin besar, dimana memerlukan sumber data dan pengelolaan informasi yang baik. Sehingga strategi pengelolaan kependudukan menjadi wajib difikirkan.

Salah satu terobosan yang harus dilakukan adalah membuat sistem informasi kependudukan ONLINE. Sistem ini ditempatkan bahkan sampai di tingkat DESA. Sehingga pemerintah dari desa sampai Kabupaten dapat melihat kondisi penduduk secara obyektif.

Ilustrasi mudahnya adalah : misalkan Bupati Lampung Barat ingin melihat berapa jumlah penduduk yang lahir antara bulan Januari – desember 2009. Maka bupati cukup merequest dan dapat melihat daftar bayi yang lahir pada bulan tersebut. Dari mulai lahir dimana, berat badannya berapa, jenis kelamin berapa. Data ini dapat digunakan untuk memprediksi berapa Ruang kelas yang dibutuhkan pada SD 6-7 tahun kemudian.

Yang lebih sederhana lagi :
Jika seorang kepala desa ditanyai, siapa di desa ini yang memiliki anak usia 5-10 tahun… tentu seorang kepala desa akan bingung jika ditanya seperti itu?

Namun jika pemda mau berinvestasi untuk membuat sistem informasi ini. Semua pertanyaan dan kasus diatas dapat dijawab dengan sempurna. Tentu ini harus mendapat dukungan dari stake holder terkait.

Bagaimana strateginya akan dibahas pada tulisan selanjutnya. Terima Kasih.

(Oleh : Supriyanto, S.Tp / mahasiswa s2 Ilmu Komputer IPB)


Kategori

%d blogger menyukai ini: