Oleh: Supriyanto Liwa | 4 Oktober 2009

Internet Masuk Desa, Kenapa Tidak

Internet kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat baik di kota maupun di desa. Internet merupakan sumber informasi yang lengkap serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas penelusuran. Fasilitas penelurusan itu disediakan oleh pihak ketiga untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi yang diinginkannya.

Salah satu media penelusuran di internet yang cukup terkenal adalah Google. Hampir semua orang kenal dengan Google di dunia maya ini. Dua orang pendiri Google adalah Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward “Larry”. Berkat Google kita dapat menemukan iformasi dari tumpukan-tumpukan data yang jika kita mencarinya satu persatu tentu akan membutuhkan waktu lama. Google sendiri bukanlah satu-satunya mesin pencari di dunia maya, masih banyak media pencarian lain diantaranya yahoo, msn, dan lain-lain.

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan dengan adanya fasilitas internet dihadapan kita. Mengirim surat dapat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan E-Mail. Berbagai administrasi pemerintahanpun dapat dilakukan secara online, seperti pendaftaran pegawai, pengurusan pajak, pengiriman uang dan berbagai aktivias lain. Melalui adminsitrasi online dalam pemeritahan praktik korupsi dapat diminimalisasi. Begitu juga dalam ekonomi-bisnis, dengan penjualan dan promosi produk secara online, cost of marketing dan cost of employee pun menjadi semakin rendah sehingga margin keuntungan dapat ditingkatkan.

Berbagai fasilitas internet di Indonesia sudah merambah sampai ke desa-desa. Berbagai fasilitas dalam mengakses internet pun semakin hari semakin mudah untuk didapatkan. Saat ini kita dapat mengakses internet dengan menggunakan Handphone, komputer, PDA, ataupun Blackberry. Sehingga kita merasa bahwa dunia dalam genggaman kita.

Warung internet hadir pula di berbagai daerah, sampai ke desa-desa saat ini sudah mulai ada. Warung internet menjadi tempat yang paling mudah dan murah dalam mengakses internet.

Lalu apa manfaatnya internet bagi masyarakat desa? Tentu saja jika masyarakat desa dapat menikmati akses internet, mereka tidak akan ketinggalan informasi. Selain itu, masyarakat dapat melakukan studi terhadap kemungkinan pengembangan usaha yang saat ini mereka geluti, seperti mencari pasar, investor dan ide baru. Mudahnya dalam mengakses internet menjadikan internet menjadi media yang efektif.

Kendala penetrasi internet ke desa-desa adalah kurangnya infrastuktur telekomunikasi di berbagai daerah di Indonesia. Ini disebabkan program pembangunan yang tidak merata, serta tingginya kasus korupsi di Indonesia. Peran serta pemerintah menjadi sangat penting dalam rangka memberikan fasilitas internet ke berbagai wilayah di pelosok tanah air ini.

Namu demikian setiap teknologi yang diciptakan manusia harus selalu didampingan dengan moral dan etika yang baik. Denga internet pula kita sangat mudah berbuat jahat terhadap orang lain. Pencemaran nama baik, penipuan dan banyak modus-modus kejahatan yang muncul dengan adanya teknoloi ini tak dapat kita elakkan. Tentu saja kita harus mengembalikan kepada budaya bangsa kita. Bangsa yang memiliki moral dan etika yang baik.


Responses

  1. salah satu hobi saya adalah berkunjung ke blog rekan2, kini, saya mengunjungi blog Anda untuk mengucap happy blogging…
    Salam kenal dari Agus Suhanto.

    Suka


Kategori

%d blogger menyukai ini: