Danau Ranau

Wisata Danau Ranau

Penginapan di Danau Ranau

Salah satu Penginapan di Danau Ranau

Bagi anda orang Lampung tentu sudah sering mendengar Danau Ranau? Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak diperbatasan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung dan Kabupaten OKU Selatan Propinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi 4°51′45″bujur selatan dan 103°55′50″bujur timur.

Wisata danau Ranau, yang berada di Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ini cukup menarik untuk masuk ke dalam agenda kunjungan anda. Kawasan ini cukup asri dan jauh dari polusi, apalagi kalau yang biasa tinggal di Jabodetabek, wah pasti seneng banget mengunjugi danau Ranau. Tahun 2007 telah diresmikan oleh Bupati Lam-bar, pusat wisata baru di wilayah Lombok kec.sukau.kab Lampung barat. yang dilengkapi Hotel bertaraf Bintang 3 yang berfasilitas lengkap. maka cocok untuk tempat berwisata bagi keluarga besar anda.

Untuk mencapai Lokasi ini anda dapat menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut :
Liwa – Sukau – Lombok Ranau. Lokasi wisata Lombok Ranau Resort dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika anda perhatikan gambar berikut, pasti anda sangat ingin mengunjungi danau Ranau. Ayo agendakan waktu liburan anda dengan mengunjungi lokasi ini.

Danau Ranau

Danau Ranau

Jika anda orang Lampung saya sarankan anda untuk mengunjungi lokasi Wisata Lombok Ranau Resort. Daerah ini bisa dikatakan cukup eksotik, dimana terhampar pemandangan yang indah. Anda dapat menikmati keindahan danau ranau dan Gunung Seminung yang berdiri tegak menambah kuatnya pesona lokasi wisata ini. Jika kita mendaki ke puncak Seminung danau Ranau tampak indah, kebetulan saya pernah mendaki Gunung Seminung waktu saya SMA. Bagi anda yang tertarik mendaki dapat mendaki dari air panas, saya sarankan sih dipandu dengan orang setempat.

Pesona Keindahan Danau Ranau

Pesona Keindahan Danau Ranau

Oleh : Supriyanto (Alumni SMAN 1 Liwa, Lampung Barat)

Responses

  1. gan. saya tgl 18 blan ini rncnanya mu ke danau ranau. tau di mna penginepan yg bgus gg? biaya sewa ny brpa jga??
    kirim lwat email ya…

  2. KAMPUNGKU NAN INDAH DAN JAUH DI MATO….

  3. wau disana udaranya sejuk dan airnya sejuk dan ada pemandian air panas disana

  4. ada orang hilang yang pengen ketemu kakanya nih di karawang katanya orang ranau sumatra barat

  5. wuih. Promosi bro.
    .kidang ketrangan sai nyawakon terjadi ni danau sa, injuk mawek cocok.ulih gn.seminung makkung pekhnah mletus..danau hinji,danau sai latap lawan ke mysteriusan..kheno haku,.hahahaha,dang tipekhcaya. Yu.puakhi salam..

  6. apa kbr lumbok,.??
    next time saya turun kesana,dan menetap di ranau kita buat wisata lumbok jd tempat yg paling ramai di kunjungi masyarakat indonesia bahkan mancanegara..
    amiin

  7. Penginapan di lombok kurang terawat,,
    Mulimuk khek fasilitas penginapan ne lamon se cadang,

  8. permisi om mau tanya, kalo dari jakarta naik bus, nama bus nya apa ya? turun mana?

  9. Danau ranau, yang indah kami mw datang melihatmu,

  10. saya mau ke danau ranau hari ini bersama keluarga, tarif penvinapannya berapa y?

  11. gak sabar mau msau SMAN 1 liwa

  12. Aku baru dari lumbok,dan sedih sekali karena cottage dan seluruh fasilitas rusak tak terurus.jalan tangga u turun ke danau dipenuhi lumut dan semak belukar yg menjulur.akhirnya aku mampir ke pt pusri.jauh lebih terwt yg disana

  13. Anak talang Lombok/Talang Anyar Simpang Sender OKU Selatan: habibun_gia@yahoo.com, mari berbagi cerita tentang keindahan danau ranau, mari kita promosikan danau ranau agar kelak merupakan satu-satunya tujuan wisata mancanegara

    • mari sebarkan informasi mengenai danau ranau… banyak hal yang bisa di ekspose…

      • selamat malam kak supri
        kisah danau ini seperti apa kak, penjaga danau ini perempuan kan. jika benar siapa namanya. trma kasih kak

  14. Danau ranau….? semua mengagumimu, lombok ranau tanah kelahiranku, setiap tamu yang ku ajak untuk menikmati keindahan mu semua terkagum.
    desaku jangan sampa keindahanmu hilang cm tggl kenangan……,(Untuk seluruh minak muakhi sik berkunjung, mari kita lestarikan…..keindahan danau ranau, jgn smpai rsak oleh orang2 yng tdk bertanggung jawab hnya untuk mementing kan diri sendiri.)

    • harus terus dijaga,.. jangan sampai ada orang-orang yang memanfaatkan danau ranau dengan tidak arif..

  15. danau ranau memang indah… n sangat indah… jujur berat rasanya meninggalkan kampung halaman…. ku asli putra daerah ranau….. moga ranau lembah se3minung semakin terkenal sampai ke manca negara.. amiiiin…

    • oppok kuhirik di ranau, tapi ganta jaoh merantau.. sedih ninggalko kampung halamanku… salam jak jolma talang lombok/talang anyar

  16. Danau Ranau……Keep The Best…..Performent

    • danau ranau sangat indah .. semoga tetap lestari…

      ________________________________

  17. kisah senang dan pilu slalu teringat di hati ini
    Aku berasal dari demak jawa tengah
    pada tahun 1988 aku sekeluaga dan om ku merantau ke ds langkat atas menelusi jalan setapak dan diatara banyaknya pohon jelatong,
    Ayahku membuka hutan menjadi petani kopi, kalau ndak salah dulu kecamatan masih ikut KRUI, waktu itu aku masih kelas 3 SD,sekolahku di desa jungkung di gunung seminung,jauh sekali berjalan kaki
    ke kota dulu tranportasi hanya ada lewat klutuk perahu ,
    mandi dan air minum pun harus ke dan dari danau ranau ,ke pasar hanya ada ke kotabatu ,dan banding agung
    pada tahun 1989 ayah ku sakit ahirnya meninggal, dan di makamkan di desa lombok ,
    dan setengah tahun kemudian aku ibu dan kakak ku memutuskan untuk pulang ke jawa,
    dan sampai sekarang om ku masik ada di lomboksana ,
    wah…….,,,ternyata sekarang sudah jauuuuuh berubah

    • perjuangan yang luar biasa, suatu hari boleh mampir ke Lombok ranau. Sekarang sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 dari arah sukau.

  18. tlong infokan visi misi pengembngan objek wisata danau ranau dunk… thanks before.

  19. danau ranau,… teringat kenangan waktu 2 kali aku ke sana… buat teman2 base camp smkn bukit kemuning lampung utara,. miss u all…………….

  20. Danau Ranau…., kenangan terindah

  21. suka banget d sama blog ini
    kebetulan bgt sy mau ke Lampung, nemunya blog lengkap ky gini
    makasi y

  22. tau donkkk khan dimulainya ygl 25 mei…murah lagi htm nya cmn 5000 saja

    • HTM nya cuma 5.000?murah y…
      mesti dateng nih…

  23. Lampung…senangnya Lampung termasuk..
    buat kk yg dibawah komen sy
    udah tau mba…Lampung Fair itu tgl 25 mei – 10 juni kan y?

  24. eh di lampung khan mau ada lampung fair …udh pada tau belum ???

  25. lampung barat ya?
    kalau dari jakarta, lewatin pelabuhan dulu itu, itu lampung mana ya?

    • itu lampung barat ya kl gak salah?

  26. keren ya nih danau….
    bikin pengen kesana aja..
    dilampung ya ternyata… keren2

  27. bagus ya …baru tau lho lampung ada danau yg bagus ga kalah deh sama daerah lainnya

    • samaa…makanya nanti pas ke Lampung mau eksplor Lampung

  28. tamong numpang liyu pai puakhi…………..

    danau ranau khadu patut jadi ikon lambar, ikam juga tamatan SMAN-1 liwa waktu dinana lagi di way mengaku, semangkung kena musibah gempa, tamantan tahun 1989-1990 han,
    mani wat puakhi-puakhi jak way khekuk, banding, dan lombok waktu dinana cuma dapok ditempuh melalui “clotok” kapal berkapasitas 15-20 jalma. lamon sai sekula SMP dan SMA di liwa… …..
    Jadi sekam khisok khatong mit di Danau Ranau…….. dinana sekam lagi makhanai tanggung ” ABG” kik tano. senangun didudi mabangik do kik aga melepaskon pelipurlara’ atau nguanyaikon seketikhaman jama yu indai kanca, atau puakhi sai kik jakhang butungga.

    Lombok sangun jak dinana pekon sai indah, jalmani busehaja, dan bernuasa islami…. bida kik kham midokh mit sanur, gianyer, panatai kute sekalipun di bali. kadang kham kurang pas, terutama dikanik an ni..(Was-was)…….. ” payu kham midokh mit khanau ngaliak Danau Khanau”
    tabik pun…..tabik,
    tabik

  29. tano nyak di bandung puakhi,,,
    ngikham temon lah jama lampung,,,

  30. aku tidak akan pernah melupakan danau ranau yang telah memberikan kenangan2 indah yang pernah ada selama aku tinggal di lam-bar…

    • mari kunjungi danau ranau dan dijaga kelestariannya..

      ________________________________

  31. Lombok ranau adalah tanah kelahiranku di lombok induk

  32. lombok ranau tanah kelahiranku di lombok indukkkk

  33. tirram jama keti sai di pantai ;lama……

    • mulang ria

      • salam kenal…..

  34. ASSALAMUALAYKUM PUAKHIIIII,,,,,

  35. :-):-):-):-):-)

  36. i ya tah …

  37. Lampung Barat itu tanah kelahiran saya lho …
    Disana lah tempat saya menimba ilmu dari SD ampe SMA, Salam aj bwat temen2 saya yang masih di sana semoga sukses aj dalam segala hal amien . . .

    Kak Supri ne dlu kakak tingkat saya waktu SMA, di orangnya emang tekun banget, trus sneng bersosialisasi lagi !!! (GR ne . . . hehe . . .)

    Bwat Masyarakat Lampung Barat moga Bisa Lebih majuin Lampung Barat Lagi deh, jadi Kota yang lebih banyak di kenal oleh masyarakat luas.

    satu lagi deh, klo bisa ne ya coba dong cari hasil bumi Lampung Barat yang bisa berkesan buat para pengunjung seperti cendra mata or makanan khas coZ selama di sana jarang nemuin se.

    Thanks yaa dah boleh kasih saran . . .

    • memang mash sulit menemukan souvenir khas liwa… Karena memang mata pencaharian mayoritas di daerah ini adalah petani, petambak atau nelayan. Sehingga sektor industri kreatif belum dilirik. Hal ini dikarenakan kunjungan wisata ke sini juga bleum kontinue…

  38. salam gawoh jama puakhi selumbok di balahan bumi ji,,,,
    sendo,habibi,riko,,,msh ukhik kudo keti,,???
    hahaha,,,smoga skses..

    • maseh kidang merantau unyin tian

  39. uiii,,,nyak jg sanak lumbok nga,,lahehk tahun 1989,,tano nyak di depok

  40. Saat gma takbir mnji lgu punk rock. .
    Saat tmpt shalat mnjdi arena vogo. .
    Saat air zam2 mnji arak

  41. wah kemajuan juga khetini jalma lombok ji..he.he….

    kidang penginapan ni limuk oleh ni lioh nyak midokh buka sa…kebutalan nyak munggak…
    nyak jalma tj.sari pekon lom.

    salam kenal goh lawan keti sek di atas no……

    • naya mwek ngedok si ngurus ko ni tanno.

  42. ya bwt bang andi,klo da wktu s4in dunk main ke danau ranau.
    biar ga penasaran, q ma silvi beda t4…
    yupz mksih tas sarannya…….dah g btah euy di kota orang……pengen plang ke kampung halaman……he.he….

  43. buat dek silviya lam kenal juga nih…..asli mana dek…pa sama homeya sama Adek nisya….Wow Ranau sunguh elok nian engkau tunggu aku ya….aku pasti datang he…..bat kawn-kawan lam kenal aja..andi Sanak Waylima Kab.Pesawaran kab. termuda loe….

  44. salam juga bwt adek nisya kapan nih pulkam lagi abang pengen lo main ke danau ranau tapi lum sempat he….baik-baik ya di negri orang pintar-pintar jaga diri buat bang supriya sukses aja ya moga ilmu yang didapat di bangku kuliyah bisa bermanfaat buat Nagaro tanah lado sai gham cintai hinji….bravo……

  45. ya salam kenal jug jama abang andi ya….

  46. salam kenal yyyyyyyyyyy………..????????????????????

  47. salam kenal anjak sikin dua sanak anjak way lima pesawaran,mudah-mudahan dengan uawatne situs hinji gham dapok saling mengenal walupun gham di perantaun tiyap waktu saya gembuka blok hinji..salm andi dinas P&K Lampung Tengah 081279726338 silahkan yang mau jadi kawan saya asli bujangan….

  48. u yuhana, mela,pokn unyn selumbok p kbr kti puari……..wek nyangka y ram dacok tungga d blog snj.he.he.

  49. ui muli lumbok pi kabar keti, nku adek ni jusan kan?api kabar keti ui?????
    repa jalan bang adu wat si setangkar di lom blog ni ulun ji???
    nyak ampai jak mulang, kuliah q lancar2 gwoh….
    salam jam unyini yu.
    nanti ram ngremix lwot, kidang ram bebarong ya.he.he.

  50. Ha…hay…hay
    Nyk trk mulang euy tigham jm pekon lumbok,kndng msh mu ska aga mlng.
    Slm jma unyni si adu jk snggh d situs inji

  51. Hay,unyni si snk lombok api kbr,nyk tiram trk mulang euy. . .
    Smga gluk2 kruk PLN In mutrang pai d pekon lumbok no.
    Slam tgham.

  52. Mhp nhan jm niku bebay tuha,nyak kan nnya jm niku mamak rosidin d spa nyk mk pnday.angkh nnya redo kok mak ngasi,mlu bqtny sst d jln.ppth mngtkan.
    Nyk nglu mahaf ki amu msh mwk sopan.

  53. kampung halaman,tanah kelahiran. salam kenal dari anak sukau pasar buay betanding?sudah lama diperantauan? kangen ingin pulang?salam rindu untuk semua kerabat di sukau? i miss you

    • alhamdulillah

  54. wuyyyyyyyyyyyyy………

    muli lumbok sapa nk gila?????

    sumpuk kamu ya……..!!!!!!

    ketara tidak lampung saya

  55. sapa ya juga nk ANJING…….!!!!!!!!!

    T UL U NG YU ……JAGA SOPAN SANTUN …..!!!!

    NYAK MWK KENAL NK……DANG SOK JAGO JADI MANUSIA…..!!!!

    • gegoh jelma ranau dang righu yu,,,..

      • gegoh jelma lumbok mwek ngasi rigu jaga sopan santun..
        ngeleliom ko lumbok gwoh..

  56. Mamak dedy rik mamak rosidin sepa?Hak ipa lamban keti bang nyak mak kenal

  57. Mamak dedy rik mamak rosidin sepa?
Hak ipa lamban keti bang nyak mak kenal

  58. Mamak rosidiN?????

  59. jama mamak nody,si kembar,mamak hendra hendri,

    api kaaaabar keti……..? mukhalang mulang mit lumbok,kdng lain berarti kt lupa jm pekon lumbok kan??? mawek ngasi mamak ki aga lupa.cawa ni bebay tuha KINTU TULAH ……!!!!! ha…ha….

    nyak tetangga sebelah lamban keti,nyak pandai kt…kdng halok kt mawek andai nyak .nyak anak bungsu ni mamak rosidin.mamak la rik li alang tikham ku jm keti khua.

  60. minan nurul atau nisya api kbr mu ?
    khepa kuliah mu?
    wawai kudo?

    mulang minan ki tikham,nk tn tikham di remix ni nge…….he…. just kidding …..

  61. wuuuuuuuuuyyyyy puakhiiiiiiiiiiii………..

    api kaaaaabaaaar????????

    puakhi mamak dedy? acak mulang mit lumbok,tano lumbok adu kekhangak2 awaek juk tumbai lagi.nyak tetangga hadap lamban mu,tano nyak adu muli,musikop ( he..he…he…).ingok awek?

  62. slam jama minak muakhi di ranau terutama di lumbok, oya slam jg bwt ma2k dedy arisandi sekeluarga ya, nyak salah 1 puakhi mu jak lumbok…
    bwt mela tano nk adu pandai kan sp nyak…..
    kidang dang se ucak rno ya,hee.heee………

  63. Dedy arisandi, STbisa liat di sini.sukses09.multiply.com

  64. Danau ranau
    Indah nian pesona mu
    Nmun tak sindah diriku.
    Huakkkkakakak

  65. Ough,minan nurul,api kbr minan?
    Minan niku manam ni ma”k joly ya.
    Mnan ilu pai no hp,
    Ajo bnyk:085721443482
    Thanks

  66. waduh dah g sabaran nech, mo pulang ke lampung,pengen liat danau n makan ikan,alias nyeruit, ki ani selumbok nyambol matah iwa mujaer…….ha.haaa

  67. ui pahril pi kbr keti kap aga mulang kidah, masih \ingok kdo jm nyak nurul, dipa ki lamban mu di sukau di gila, in nyak dacok singgah kik aga mulang mit lumbok, insya allah akhir bulan 1 ji nyak aga mulang.tikham jama wai khanau….ha.ha…salam yu jam sanak2 asrama lampung, terutama jama sanak2 lampung barat…rol kapan nku wisuada?????

  68. ia mf mela nyak nurul kantik ni silvia tian, tano lg kuliah di jogja.pasti nku kenal kan?
    hee.heee.

  69. ui mela.nk nakan ni minan dema kan?
    p kbr keti d bndung, ti uyun ko sekula no yu..nyak nisya, kidang ki ram di pekon ngurau nyak ji nurul, pasti nk kenal kan jm nyak, nyak kantik ni ngah rica, n mamak joly mu.
    ko alamat email q
    kpn nku aga mulang, rencana nyak mulang akhir bulan 1 ji knah…
    nisya_maniz@plasa.com

  70. Aku alumni SMA N Liwa lulus tahun 1991, waktu itu sekolah SMA Liwa masih di Way Mengaku. Salam buat semua anak-anak SMA N Liwa. Kapan kita ngadain Reuni Besar-besaran? Salam hormat buat Bp. Sukirno, Bp. Muhidin, Ibu Sri Lestari dan guru-guru lainnya.

  71. wah.. wah
    danau ranau dareah gw tu.hhehe

    aq nak sukau.. klo pd mau ke danau ranau or lombok mampir aja ke rumah..

    dengan senang hati..

  72. Stlh q bca artikel d ats q jd pngn lbran k sna.
    Tp q blm da wkt mu k sna,doain ja ya spya sy bsa k sna.. .. ..

  73. Dumpang liu

  74. Slam tigham jma minak muakgi d pekon lumbok.
    Nyak mela lg skula d bandung.
    Slam knl jg jma minan nisya.
    Thanks yupz

  75. Niku nisya sepa?
    Nyak jelma lumbok,ki joli,silvia,yoga.nyak knl.
    Niku nyak mak knal

  76. ranauuu….
    hemmmm…tihgammm

  77. mf nku hendriyanto sanak lombok?
    lombok ni dipa ya?
    nyak juga sanak lombok
    slam kenal jm niku y

  78. kepen keti mulang mit lombok….

  79. enyak sanak lombok….manak iwa mujair…

  80. waduh pengen plang lag euy, danau ranau bgs bgt, tuch wisata lumbok risort penuh dengan kenang2an…nyampe2 lebaran kmaren kmi ngadain acara di wisata bersama temen2 q, seletingan. stelah bkn acara, kmi juga naik motor danau menuju air panas….. gileeeeeeeeee bgs bgt coy, p lgi cuaca lagi terang jd gunung seminung keliatan jelas.
    bwt temen2 q kapn dunk kta bkin acara lgi,? jangan lpain nyak si di jgja ji yu……
    slam tikham jak nisya di jogja ya bwt kantik2 ku SMP 2 SUKAU angkatan 98: silvia, yudia, lis, putra, yoga, jusan, joly, toni si tn lg di X nantan, n tmen2 yg lain,kpan kham metis lowot, n keliling wai khanau n0. he…..he……

    By: N. anisya

  81. ya ampuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuun,……….
    keren banget ya Danau Ranau,..Aku sebagai orang Liwa,udah pernah sih kesana, ya meskipun baru dua kali, jadi pengen kesana lagi ni,..kapan ya, lebih asyik kalo bareng temen-temen lama ni, biar bisa bernostalgia gitu,……
    kalo ngomongin Liwa, pasti donkz gak ketinggalan sama yang namanya Danau Ranau,.ya memang sih, danau ranau kurang begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia, oleh karena itu, kita sebagai salah satu penerus generasi di Lampung Barat, harus mulai untuk mengenalkan Lampung Barat khusunya Danau Ranau kepada masyarakat umum sebagai salah satu tujuan wisata yang gak boleh ketinggalan kalo mampir ke Liwa,.. Apalagi sekarang udah banyak perbaikan infrastruktur dimana-mana,..pokoknya, harus deh kesana, nyesel banget kalo gak mampir kesanan, pemandangannya masih asri, sejuk, jauh dari hiruk pikuk kota yang sering kita jumpai, & gak kalah kok sama tempat-tempat wisata yang ada diJogja,…
    maju terus buat Liwa, moga-moga ditahun-tahun mendatang, bisa jadi salah satu tempat tujuan wisata yang mulai diperhitungkan oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan manca negara,…
    amiiiiin,….amiiiiin,…….amiiiiin,..ya robbal ‘alamin
    salam lagi ya buat melysa,……heeeeee.sekalian boleh donkz,…
    met jumpa lagi ya Danau Ranau,…………

  82. artha…
    dapok ninong kudo nyak pekon awi.
    jak belalau juga
    niku sekula di sd, smp, sma dipa?

  83. oh..ya lupa. gelahkku NEVI TENSILIA, wat sai kenal awek hehe… nyak lagi nyepok rik-rik SD ku, nyak sa sekula di SD 3 Liwa…… kik wat sai mbaca, hubungi di emailku…

  84. oii… minak muakhi…nyak tigham jama liwa,…
    emmm…..kidang demi menuntut ilmu hehe, khasa tikham harus kubendung,
    tunggu sekhbok lagi nyak mulang….

  85. salam tikham…nyak nevi, lambanku di liwa kidang nyak lahir di sukau…
    Liwa senangon batin wisata alam, salah satuni danau ranau no…
    helau…alami..
    pokoke mawek kalah jama wisata lainnni

  86. wah….. kalo ngomong soal Danau Ranau jadi pengen pulang nich…
    jadi kangen ma kampung halaman..he…….
    A_q jg tinggal diliwa nich..di Zimpang Zerdang,dizna udaranya zejuk banget n yang paztinya dingin bangettttttt….

    emm…temen” zelain Danau Ranau mzih banyak lho wizatanya zprti Lombok,Pantai Krui, pkoknya gx kalah menarik ma pantai di Bali.he……

  87. wah….. kalo ngomong soal Danau Ranau jadi pengen pulang nich…
    jadi kangen ma kampung halaman..he…….
    A_q tinggal diliwa,dizna udaranya zejuk banget n yang paztinya dingin bangettttttt….

    emm…temen” zelain Danau Ranau mzih banyak lho wizatanya zprti Lombok,Pantai Krui, pkoknya gx kalah menarik ma pantai di Bali…..

  88. wah……….
    seneng jg liat di blog ats keindahan alam danau ranau……….
    kl liburan aku jg g lp maen kSn…..lama mata memandang semakin sejuk ngerasain udara yg segar

    kpn lg yah mw kSn…………?

    tp,agk sayang pemerintah nya kurang mem flour up kan ke daerah laen
    pd hal kan bs menambah penghasilan daerah…

    dikit bangga si,,,apalagi kl pas ada pameran hasil budaya diJogja…..tp,kok Lam-bar GITU -GITU aja yahhhhhhhhh

  89. memang pesona wisata lampung barat sangat mengagumkan untuk sayang jika kita sebagai generasi muda tidak ikut memberikan suatu partisipasi dalam membangun daerah sendiri,untuk yang berminat mengikuti acara tahunan kami dari sebuah organisasi di FISIP UNILA yaitu FunCamp Lombok danau ranau seminung lampung barat setiap Tahun pada bulan Maret,kegiatan ini terbuka kepada siapa saja.setiap tahun pesertanya semakin membludak(duh bahasanya).so klo ada yang berminat atau cm sekedar ingin bertukar pikiran dengan saya ni email saya
    are_artha@yahoo.co.id
    nyak sanak lappung asli dari kecamatan belalau.

  90. kidacok ti lengkap ko yu tentang wisata2 lombok no,….. in ngbat tiram sekam di perantauan ji

  91. Terima Kasih atas komentarnya…..

  92. pi kabar keti mamak2 ku sai di makasar, kapan keti haga mulang?wek nyangka ram haga btungga lwat blog sinji. trimksih bwt yg punya blog dah mempertemukan sodara2 q yg dah lama bgt g pernah ketemu.

  93. Excellent……

  94. WaaaaaaaaaaH,,,,,,,
    gila keren banget pemandangannya,
    padahal kita berdua anak-anak lampung.
    Tapi terus terang aja kita berdua belum pernah kesana. Ada gak ya travelling yang gratis???

  95. Ass..Wr.Wb.
    Hebat….hebat nyak ampai pandai ternyata di lambar lamon juga komonitas bloger…
    hidup Ranau……
    nyak sampai merinding ki ngingoko ranau.
    hebat…
    kenalin nyak dedy asli lombok ranau.
    jak SD nyak sekula di Palembang mungkin lamon sik mak pandai lawan nyak ku, kidang ki bak ku di lombok insaAllah pd kenal.
    wisata ranau maju pesat, satu hak si nyak kurang setuju gaya pesta dulu tano adu berubah menjadi remix dll, mabok menjadi tren anak muda.
    menurut ku itu kemunduran. setuju awek….he..hee.. injuk pak ustad.
    tks

    http://sukses09.com

    bangdedy@gmail.com

  96. http:/www.nodilampung.blogspot.com

  97. Hampir lupa puakhi… kiwat minak muakhi jak lombok aga ngelepas ko tikham lewat Dunia maya dapo’ ngebuka di http://www.nodilampung.blogspot.com….thanks.

  98. Ass. Wr. Wb Nyak sanak lampung di Makassar, Kelahiran Lombok Ranau, Berita dan gambar di Situs si wat jadi ubat tikham sekam di rantau, salam jama minak muakhi di Lampung, wat kubaca juga komentar ni adek Nisya tulung sampai ko pai salam jak sekam di Sulawesi, Tq., Nody.

  99. senang menemukan blog puari sanak liwa, mudah2an daerah kita makin dikenal dan dikunjungi banyak orang…salam buat minak muari…khusus alumni SMP Negeri Liwa tahun 1982…Selamat Idul Fitri 1429 H, Minal Aidin Wal Faizin, maaf lahir bathin..

  100. SALAM TIKHAM LAWAN SUNYINI MINAK MUAKHI….saya anak keturunan lahat – lombok, skg saya tinggal dilahat.setiap saya pulang ke lombok.rasanya sgt berat melangkah kaki ke balik kekota.dengan keindahan seminung menjulang serta hamparan danau yang luas membentang dan belaian lembut angin. membuat pikiran ku tenang,damai. memang WISATA LOMBOK terbaik dgn didukung alam yang masih asli….dan eksotik buaaa…nget.

  101. wah satu lagi nih
    klo ngomongin liwa gk ketinggalan juga ni satu aset terbaik lampung DANAU RANAU…
    klo ingat nm itu hu benar2 deh indahnya
    tp pas gw k sana sayang gw gk brani berenag bis dingin bgt.
    lebih asik liat danau ranau dari puncak pesagi,gw dah pernah liat dari sana malah sampe 3 kali lagi

  102. Ada angkutan umum langsung ke Danau Ranau. Atau harus transit di Sukau dulu?

  103. tingkat kon gawoh promosini wisata sai wat di lampung barat ji terutama wisata dadau ranau indang seluruh parawisatawan pandai bahwa wat potensi alam sai betik wat di lampung barat

  104. halo puari api khabar keti munyaian kudo salam gawoh jak sekam di perantauan

  105. perkenalkan nama saya nurul anisya sering di panggil nisya klo di kampus, nyak sanak lampung lahekh 21 februari 1987 di lampung tepat ni di LOMBOK RANAU, tano nyak maseh kuliah di yogyakarta, tapi sayang walaupun nyak sanak lombok tapi jarang pulang. dulu wisata lombok risort ini terkenal dengan sebutan “LINGKARAN OBAT NYAMUK ” dulu tempata ini dikenal dengan sebutan “UJUNG” sampe-sampe q dah ga sabaran pengan pulang penasaran dengan lingkaran obat nyamuk dan keindahan wisata ini, karena dulu saya tinggal merantau ke bandar lampung, dan setelah lulus langsung nyebrang ke pulau jawa (yogya) masih menjadi hutan/ kebun2 warga dan kebun mangga.ketepatan di tempat hotel nya itu adalah tanah keluarga saya dulu kebun mangga.
    setelah saya pulang pertama saya langsung ke UJUNG/wisata.ternyata mang bener2 pemandangan yg asri padhl wktu itu gedung2 na blum jdi, tp stlah sya plang lg tnyata g’ kalah dengan wista2 yang di kota, TAPI sayang walaupun dah da wista yg indah, ada peandangan danau dan gunung seminungnya di desa lombok ini belum ada PLN msh glap gulita……..pdhl dr desa saya ini banyak anak2 penerus bangsa yg berprestasi justru dr berbgai bidang bahkan mengalahkan liwa, dan sukau…
    mksh ini selalui di perbaharui lagi yu………slam jama minak muakhi sai di lampung

    By: Nisya

  106. Hmm… Danau ranau memang eksotic.. sangat indah, alam, masyarakat sangat bersahabat. sy sendiri putra asli Lombok Ranau. namun skrg sy tinggal di Makassar.
    bagi teman2 yang cinta petualangan di alam terbuka maka sy sangat merekomendasikan sdr untuk berkunjung ke Danau Ranau.
    disana ada wisata danau, pemandangan gunung dan bukit nan hijau, pemandian air panas, sensasi ikan mas dan mujair bakar, hmmm… sy jadi kangen pengen cept pulang ke Lombok Ranau.. wassalam

  107. sekendua sanak kembahang mas supri lambanni di ipa diliwani


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: