Adat Istiadat Lampung

Berdasarkan adat istiadatnya, penduduk suku Lampung terbagi ke dalam dua golongan besar, yakni masyarakat Lampung beradat Pepadun dan masyarakat Lampung beradat Saibatin atau Peminggir.
liwa lombok
Suku Lampung beradat Pepadun secara lebih terperinci dapat di golongkan ke dalam; (a) Abung Siwo Mego (Abung Sembilan Marga), terdiri atas: Buai Nunyai, Buai Unyi, Buai Nuban, Buai Subing, Buai Beliuk, Buai Kunang, Buai Selagai, Buai Anak Tuha dan Buai Nyerupa. (b) Megou Pak Tulangbawang (Empat Marga Tulangbawang), terdiri dari: Buai Bolan, Buai Umpu, Buai Tegamoan, Buai Ali. (c) Buai Lima (Way Kanan/Sungkai), terdiri dari: Buai Pemuka, Buai Bahuga, Buai Semenguk, Buai Baradatu, Buai Barasakti. (d) Pubian Telu Suku (Pubian Tiga Suku), terdiri dari Buai Manyarakat, Buai Tamba Pupus, dan Buai Buku Jadi.

Diperkirakan bahwa yang pertama kali mendirikan adat Pepadun adalah masyarakat Abung yang ada disekitar abad ke 17 masehi di zaman seba Banten. Pada abad ke 18 masehi, adat Pepadun berkembang pula di daerah Way Kanan, Tulang Bawang dan Way Seputih (Pubian). Kemudian pada permulaan abad ke 19 masehi, adat Pepadun disempurnakan dengan masyarakat kebuaian inti dan kebuaian-kebuaian tambahan (gabungan). Bentuk-bentuk penyempurnaan itu melahirkan apa yang dinamakan Abung Siwou Migou (Abung Siwo Mego), Megou Pak Tulang Bawang dan Pubian Telu Suku.

Masyarakat yang menganut adat tidak Pepadun, yakni yang melaksanakan adat musyawarahnya tanpa menggunakan kursi Pepadun. Karena mereka sebagian besar berdiam di tepi pantai, maka di sebut adat Pesisir. Suku Lampung beradat Saibatin (Peminggir) secara garis besarnya terdiri atas: Masyarakat adat Peminggir, Melinting Rajabasa, masyarakat adat Peminggir Teluk, masyarakat adat Peminggir Semangka, masyarakat adat Peminggir Skala Brak dan masyarakat adat Peminggir Komering. Masyarakat adat Peminggir ini sukar untuk diperinci sebagaimana masyarakat Pepadun, sebab di setiap daerah kebatinan terlalu banyak campuran asal keturunannya.

Bila di lihat dari penyebaran masyarakatnya, daerah adat dapat dibedakan bahwa daerah adat Pepadun berada di antara Kota Tanjungkarang sampai Giham (Belambangan Umpu), Way Kanan menurut rel kereta api, pantai laut Jawa sampai Bukit Barisan sebelah barat. Sedangkan daerah adat Peminggir ada di sepanjang pantai selatan hingga ke barat dan ke utara sampai ke Way Komering.

Responses

  1. mantap. begitupun disini, di Yogyakarta. Lampung begitu terkenal dalam hal tariannya terutama dikalangan mahasiswa.. semoga budaya dan kesenian Lampung selalu hidup dalam sanubari anak-anak Lampung. amin

  2. tabikpun nabik tabik sikin dua ji ganta aji wat kicik cutik pakai nikham jejama… jak atas gunung pesagi, tukhun teluk semaka, saya ji lampung asli, asli anjak semaka,,,,,payu kham jama2 ngejaga adat sinji, jak saka togok ganta kalau tetap lestakhi…. salam kemuakhian jama indai kanca q seunyin’niii… salam anjak nikham semakaa…

    • payu puakhiku… salam

    • saya juga lampung, tai cuma lahir dan tinggalnya. nenek moyang asli jatim. pngin sbenere bsa bhsa lampung, kira2 bisa d.bantu gak?

  3. Krui is the bast

    • mantap

      • Jak ipa ram puakhi.

      • Tkaz …

  4. salam kenal..thnks infonya tuk lampung..klu bisa lbih perbnyak infonya tentang liwa n krui..nyak ku ulun krui,,pasar ulu..

  5. nabik tabik puakhi kintu pusikam ji salah di cawa…apiya muneh keuleh ni payu nekham jejama ngejunjung,khik ngeguawaikon sai gekhalni adat,helau nihan kik tiamalko dilom sekhani”.helau muneh kik dacak ngayomi minak muakhi,khik ulun sai lain adat sapaya khia kejelmani…antak ija pai puakhi kintu wat salah cawa sikam jak khantau kilu mahap…..tabik

  6. saya orang sunda tapi suami saya Lampung adat saibatin atau lampung pesisir.
    informasi ini sangat membantu saya untuk mengetahui lebih jelas tentang lampung.
    awalnya saya bertanya2 adat lampung seperti apa adat istiadat lampung. saya hanya tau sebagian dari orang2. tapi saya belum begitu paham karna saya beasal dari suku sunda. setelah saya membaca informasi ini, saya menjadi paham dengan adat istiadat suami saya.
    semoga dengan perbedaan adat ini. saya dan suami bisa selalu saling menghargai dan menyayangi. ^_^

  7. Thanks info nya…. Saya lahir besar di lampung ….. Salut dng beraneka ragam budaya Lampung sai….

  8. BungSue Aldy Mursi SaiBatin “Salam semoga sihat kunyaian sunyini”
    “Apapun sejarahnya itu bagian dari jati diri neram Sai Bumi Rua Jurai, sekam di Ranau bahkan secara geografis pun kami masuk Prop. Sum-Sel dan insya’allah kami bangga secara politis namun secara adat-budaya kurang mendapat perhatian lebih, ada 4 Buai yang di Sum-Sel yaitu : Ranau dan Komering Ulu/Ilir (SaiBatin)/Cikal Bakal Tentara Sriwijaya, Daya dan Aji (Pepadun atau keturunan Abung), adat istiadat SaiBatin alias Aristokrasi, namun karena jarak dan perkembangan info di sum-Sel yang sulit didapat, ketika saya masih SD pernah belajar Had KaGaNgaNyaPa “cak-cak dum minjak pagi dll” tapi tidak tuntas karena kurikulum Muloknya bukan dari Sum-Sel tapi dari Lambar, petuah ni tetuha sekam bahwa kami adalah perantau dari skala brak sai nyesui balik bukit, ternyata di Ranau sudah ada peradaban tinggi sebelumnya yakni Lampung Abung yang beragama Hindu dan serpihannya masih bisa ditemukan di pesisir danau ranau berupa candi, lalu terjadi peperangan dan insya’allah zuriat SaiBatin masih bertahan di Pesisir Danau Ranau hingga detik ini dengan terbagi 4 Marga : Warkuk (KotaBatu), Banding Agung, Batang Ribu (simpang Sender)/Prop. Sum-Sel dan Lumbok (masuk prop. Lampung), kemudian Lampung Abung berpindah ke Pesisir Utara melalui way kanan dan sebagian ke wai selabung (Muara Dua) berMarga Daya- Aji…terbukti ketika di kampung saya Kota Batu kala PunJaya (sebutan sultan) kami menikah ada meminjam perlengkapan adat kebayan ke Bandar Lampung singasana, pemangku adat Lampung tidak serta merta meminjamkan tanpa ada zuriat silsilah yang jelas dalam Tambu ternyata Ranau masuk kedalam marga Lampung yang ada dalam Tambu Lampung sehingga dg alasan tersebut boleh menggunakan (mak kuwawa sembrono makai),,,jak cerita ni ulun tuha sekam sunyini juga bahwa marga2 di Ranau dalam setiap kampung dibagi 2 kasta 2, yakni Kasta Raja dan Kasta Panglima, sampai kapanpun kasta Panglima mantang menjadi raja, dan kelihatan kok dari zuriat-keturunannya kebetulan saya berkasta Panglima jadi memang menurut pengamatan subjektif saya rata2 keturunan kami sebagaimana panglima perang, emosional, kurang bijak, gegabah, muireh, berperawakan keras dan pemanasan (alias balak ati)..hehe berbeda dg keturunan dalom mereka sedikit elitis, bijak dan berperawakan gagah!!!!hehehe ini sekedar berbagi kami Bangga Cawa lampung dan Beridentitas Lampung disamping kami juga bangga sebagai bagian dari propinsi Sum-Sel yang ber-Melayu-O!!! “Maju Terus Lampung Kik mak tanno kapan lagi, kik mak ram sapa lagi!!!seuyunan-seandanan…

  9. salam kenal puakhi seunyin ni,,

  10. Tabipun…
    Adat lmpung mang luar biasa, n trutma ulun lampung religius d pdang ratu, tp Wlau lahir d lmpung kta ttep gx d anggap ulun lampung… Syang bwngt dc

  11. terjadinya kerancuan dlam memahami lmpung ethnic n cultural,wajar sekli bila ada tapi bkn hal yang kan menyebabkan memperuncinkan pertentangan dn perbedaan.sejarah tu panjang dengan priode2 nya.yang jadi masalah jika PART OF TOTALITY di jadikan hujjah mengeneralisir.mari kita sikapi dengan bijak.dgn senantiasa mencari cara guna memperjelas kerancuan.karena bertolk dari kepedulian dan berani berkorban kan memberikan harapan dan titik terang.tabik
    laju da juga kawan trus ko guai helaumu ji

  12. Lampung memang keren abisssssss,,,,
    bangga banget saya jadi orang lampung,,,,,,

  13. salam kenal BOS….
    mohon anda sampaikan/ informasikan tentang tata cara iring-iringan penganten (lapah dibah) dalam budaya lampung barat dan tingkatan (kasta) dalam masyarata lampung barat

  14. salam kemuakhian puakhi,pagun jelas asal usul kham lampung.pagun jelas jujokhan/silsilah kham,sina khakhus ti pegung.singan kham dapok sesambangan khik mak lupa. anjak sikam (purba unyi).

    • salam muakhi juga puakhi.

  15. walaupun cuma numpang lahir dilampung smpe umur 2tahun, tapi alhamdulillah saya mengerti bahasa lampung 100% karna dari umik dan ayah saya selalu menggunakan bahasa lampung dirumah

    Saya senang tumbuh dijakarta hingga umur 20tahun ini, tapi tetap saya sangat ingin tinggal dikampung halaman saya di tegineneng lampung, keluarga besar saya tinggal disana semua

    Kata umik kalo saya ini asli keturunan lampung, tidak ada campuran dari budaya lain
    Darah lampung kental di tubuh saya

    Saya bangga jadi orang lampung :)
    Maju terus lampung BUKUJADI

  16. wihh Amazing banget Infonya

  17. baguss… blogger lampung mulai bermunculan.
    terus menulis ya

  18. mantap nih..
    thanks info soal lampungnya.. :D

    • lapung tu is the best

  19. makin maju aja nih lampung. ha2
    tapi denger2 taon lalu jg ada lampung fair jg ya?

    • kalo gak salah Lampung Fair itu tanggal 21 Mei’12 kan y
      eh nomor cantik tuh 21512 hehehe…hidup Lampung

  20. keren dehhhh lampung … apalago skrg mau ada lampung fair ga kalah deh sama jakarta fair

  21. bagus juga nie tulisannya ,terima kasih jadi nambah wawasan ttg lampung khan selama ini cmn tau way kambas doang

  22. bagus ya ternyata lampung jadi pengen kesana ….

  23. hidup lampunggggggggggggggggg..
    kampung halaman saya iniiii…

    • oyaaa..hihihi,sy lom pernah k Lampung loh
      dgr2 mau ada Lampung Fair y,jd pnasaran ni

  24. makasih buat infonya, saya makin tertarik untuk ke Lampung d

  25. Terima kasih, tulisan Anda menambah wawasan saya tentang adat istiadat dan budaya Lampung.

  26. kimak kham sapa lagi

    • kimak tano kapan lagi,, ^_^
      maju terus rik kantik

  27. hidup lampung, hidup lampung, hidup lampung..
    kham jejama lestakhiko adat lampung
    082260030299
    lemong

    • Temon ano puakhi…..!

  28. Sebagai orang Indonesia sejati apalagi saya memang bekerja di proyek pasti senang sekali dengan keragaman budaya, adat istiadat dan semakin sadar masih banyak ya saudara kita kenal …yah salah satunya melalui wadah ini… trims saudaraku di Lampung.

  29. boleh juga nih jadi ada obat kangen n penawar rindu klo ingat kampung bisa buka internet tentang lampung , kan bisa komentar pake bahasa lampung , maklum pulang setahun sekali itu klo ya , skarang ripot anak dah banyak klo ikut semua waduh waduh ! oke maks temen2 terus dan buka tentang lampung ” sapa lagi ki lain kham “

  30. Assalamualaikum , puakhi saunyini masyarakat lampung mari kham jama2
    ngelestarion budaya adat kham lampung , nyak bangga jadi sanak lampung
    setelah buka internet wat aksara lampung, budaya ,adat lampung, tekhus
    kembangon sai lebih luas lagi tentang lampung sekali lagi makasih jama puakhi kham sanak liwa .

  31. Makasih telah membantu dan telah menambahkan ilmu bagi saya thanks

  32. haaddoooo………….
    .
    .sama aja tuuhh
    .

  33. halo……..
    info yg dibagikan sgat membantu saya,
    kpd pak supri bleh kah saya ikut bergabung??
    untuk mengadakan penelitian adat/tradisi lampung

  34. slm kmuakhian .. sya bangga ngaliak penjabaran mngenai adat kham lampung ji ,, tkhus berinovasi yo nyanik informasi tentang budaya2 lampung ,, sya bangga jma kuti khompok ………….

  35. SEJARAH LAMPUNG … mengapa terjadi banyak perbedaan ?… harus bangga? atau bahkan malu…
    bagi saya, masa depan yang dapat diubah-ubah dengan segala rencana, sementara masa lalu… adalah baku.
    wahai saudaraku, … “jangan pernah sekali merubah rasa menjadi manis, jika kenyataan pahit”, … jujur ucapmu, jujur lakumu, menjalani hidup.
    karena rasa bukanlah kenangan.

  36. Slm kmuakhian untuk indai kanca,seunyini.ayu mamak,adek, abang kham budayako bahasa lappung.jak kham untuk lappung olih kham lampung jaya selalu.salam jak sikam “sanak lebon jak tiyuh”

  37. Ada yG f4haM buDay4 “sebambangan” gax ne he he,.sy miNta dunk u/ tmbhan refErnsi lapORan bwt DOSEN sejarah ku. Pak RONI orang lampung atw bUkan..? (0898xxx) peNasAranKAN

  38. Maju terus lampungku..tetap jaga kebersaman agar lampungku aman dan damai. Slam balik utk shapira, brapa nih nomor hpmu. Contac aku dinomor ini : 085279488920

  39. Untuk sdr/sdri yg tau dan faham budaya lampung bleh donk bagi_2 iLmu n4 khAn biza m3n4mbAh wawAsaN untUk saya.salam kenal u/ sahroni ” SALUT PAK TETAP LAKSANAKAN TUGAS MU” {MERDEKA} jaga lampung tetap jaya

  40. Sebagai warga lampung wajib melestarikan budaya kita,daerah laen pakai bahasa daerahnya ulun lampung gimana,dang liom pakai bahasa kham,.mak kham sapa lagi mak ghanta kapan lagi,.{kun tunggal} budaya lampung jaya selalu

  41. Slm knal untuk tmen2 stpm polinela dr nauval,cp:085269571123

  42. Salam bwt sdr/i ku di lampung.khusus untuk yg dari ranau jalin terus tali persaudaraan,cp:085269112921

  43. Mari melestarikan budaya lampung,mak kham sapa lagi mak ghanta kapan lagi.. jaya lampung ku.

  44. Slam kenal ini aku adriyani satpam polinela. Jaga terus budaya lampung. Cp: 085269553327

  45. Sigit satpam polinela mendukung pelestarian budaya lampung.jaya terus lampungku .contak person:085269486568

  46. saya pernah buka salah satu Situs http://www.keluargasailendra.co.cc dari situs itu diceritakan Tentang sejarah Lampung. kayaknya bagus untuk di jadikan sumber terima kasih.

  47. mudah2an semakin banyak informasi ttg adat istiadat lampung yg bs di dapat dari internet.

    karena informasi seprti ini sangat berguna untuk kemajuan lampung sendiri.terutama untuk memajukan pariwisatanya.

    salam kenal dr saya..
    JEMOW ASLI MENGGALOW..

  48. WAWAI TEMEEN WAD PROFIL LAMPUNG DI INTERNET, NYAK BANGGA JADI JIMO LEPUNG, TEBING LAMPUNG TIMUR

  49. Terima kasih kepada saudara desra : nah itu dia permasalahannya, saya dapat dari salah satu sumber seperti diatas. Tapi dari sumber lain berbeda.

    Nanti kalau saya sudah dapat sumber yang valid insya Allah di Update.

    Terima kasih sebelumnya

  50. sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada saudara yang telah mempromosikan tentang adat lampung.tapi kalau menurut saya penjelasan anda kurang sesuai dengan kenyataan yang ada. mohon di perbaiki lagi supaya tidk menimbulkan perpecahan terima kasih

  51. Assalamualikum Wr.Wb…
    Terimakasih Kpd Saudara Yg sdah brpartispsi dalam mempromosikan Liwa dan Mengenalkan adat-istiadat Masyarakat lampung barat khususnya masyarakat Sekala Bekhak..Saya ingin memberikan komentar sejarah orang lampung yang anda tulis sangat berbeda dengan sejarah yang ada dan dengan keterangan tambo-tambo yang ada pada kePAKSIAN PAKSI PAK SEKALA BEKHAK yang menerangkan asal muasal orang lampung.mohon kiranya bapak mempelajari lagi sejarah bangsa lampung agar tidak menimbulkan kesalahan sejarah dikemudian hari,karena Lampung Barat adalah D’ original Lampung yang pada akhirnya menurunkan Semua Orang2 lampung dan Komering…Terimakasih…

  52. Salam kenal utk syifabella…berapa nih nomor hpnya..”klau syifabella ingin kenalan contek aja ke nomor ini : 085269761950. Aku asli putra lampung. Bumi lampung yg aku cintai smoga tetap jaya, makmur sentosa. Salam nih utk abang Baron alias SAHRONI anak kaliawi, SATPAM POLINELA dan salam kenal utk putra2 lampung…

  53. Aku Sahroni Satpam Politeknik Negeri Lampung. Salam Kenal. Contak person : HP: 085279488920 ( tetap semangat dan tingkatkan Propesional kerja) “mari kita jaga keamanan agar tentram” maju terus SATPAM POLINELA.

  54. Dari Sahroni satpam Polinela “mari kita jaga keamanan bersama” agar lampung semakin tentram. No hp: 085279488920

  55. Satpam Polinela makin propesional ini dibuktikan dgn tingkat kedisiplinanya yg tinggi dan terlatih “mari kita jaga keamanan bersama” dan tingkatkan propesional kerja, maju terus satpam Polinela.

  56. aku ingin lampung ku maju kembali. . .
    dengan rasa adat daerah sendiri, aku bangga jadi masyarakat lampung. . .

    walaupun aku tidak lagi tinggal di lampung, tapi aku selalu akan ingin tau perkembanagn tanah air ku, khusus nya lampung tercita. . . .

    aku lahir di x anda lampung selatan. . .
    umur aku masih 20 th. . . .

    untuk bupati ku lam-sel. . . .
    aku ingin daerahkumaju. . . .
    BRAVO LAM-SEL. . . .

    buat situs nya makin hebooohhh donk.

  57. kham sai ngerasa penduduk sali lappung
    ngasi ngekhasa MELIOM haguk
    ATIN SUPRIYADI mana ia haga melestariko
    budaya kham lappung, khususna
    lampung barat…
    maantaaaff …..

  58. bwt luke besok kita bikin dulu ya mslah rumah adat lampung, g skarang kan pengen liat nya, jd msh da wktu untuk bikin dlu.yg sbar y luke nti jg d tayangin….hhhaaaaaaaa…….haaaaaa……

  59. hei
    ayo dong
    tampilin arsitektur lampung
    orang padang punya rumah gadang
    orang toraja punya tongkonan
    lha…ulun lampung ni mannnnaaaaa…..?
    padahal arsitektur tu bagian yang penting banget dri kehidupan manusia.
    hei, tingkat peradaban manusia tu diukur dari arsitekturnya!!!
    buktiin kalo lampung gak kalah peradabannya dari propinsi2 laen

  60. Salam kenal dari juanda dan roni satpam polinela dari bumi ratu nuban dan tanjung karang, yg mau kenalan contak person : juanda@gmail.com/ronipatih@gmail.com atau http://www.nuban_juanda.com/www.roni_patih.com.
    No hp: 085269761950/085279488920. (masih bujangan nih)

  61. bersykurlah kita yang terlahir di bumi lambar, bumi saibetik yang kaya akan budaya, mulai dari upacara2 adat, tari2an, musik tradisional seperti serdam,hadra, cetik, kulintang, gambus dll, sastra klasik mulai dari pantun nyambai, hahiwang, muayak hingga yang lain. tapi bnyak sekali dari kita yang tidak faham akan hal itu. mari putra/i lambar dimanpun berada, kita perbanyak pengetahuan dan skill kita, hingga kekayaan budaya yang kita miliki tidak punah. jang malu untuk bilang “saya orang lampung” berangkat dari daerah sendirilah kita bisa bangga menjadi orang indonesia.

  62. Koq Pada BnyK Gak NyamBung Ya……
    GAK JELAZZZ DAH…
    PR wa JAdi JelEk nilainya….T_T

    Canda kale ^_^
    BAGUS KOQ!!! NILAI AQ 90 langusng thanks ya..^_^…………………….

  63. oya lpa nech ki dacok adat nekham sai SEBAMBANGAN n KEKERABATAN ulun lampung saibatin yu, coz di kmpus ku dosen ku tertarik jma adat kawin lari /sebambangan
    ji alam q yu
    dang lpa jma muli lampung.he.he
    ki wat tlong y di kirim ke alm q, q tunggu yu…makaseh
    nisya_maniz@plasa.com

  64. hi.hi. pi kabakh muli mekhanai lampung……ji nyak nisya aank liwa, abang, ngah, pabalak, macek, pacek seunyini tolong donk di tayangin or di perjelas lgi gt tentang adat istiadat lampung terutama adat SAIBATIN/ peminggir, coz nyak tano lg kuliah di jgja du ga ngakuk skripsi tentang HUKUM ADAT saibati. ya itung2 an jd refrensi lah.he.he. di jgja jg du lamon lho ratian2 an lampung sai ti promosi ko, jdi tno nyak haga promosi ko tentang adat nekham juga.
    makasih yu…….

  65. saya pemerhati sejarah lampung, stlah sy baca tulisan anda, tidak sama sekali sesuai dgn yg sy ketahui. saya pernah membaca sejarah lampung dr sebuah buku tua “Sejarah gedung Asin Way Tebing Liwa”. penjelasannya amat berbeda. yang ingin sy tanyakan, dari mana anda mendapat refrensi itu?!

  66. Cw3x LAmpung Yg mau kenal AKU,SMS d nmr INI,TAR aq tlpn,085768118118

  67. NYAK JOLMA PALEMBANG,ANYING KOK UNI D LAMPUNG,HDUP LAMPUNG,.TNJUNGKARANG BARAT

  68. adat istiadat sai di ceritakan kon seno lamon sai mawek sesuia, jadi cenderung menyesatkan rik nyani tersinggung kesatuan masyarakat sai mawek di sebut. sebaikni penulis belajar luwot.
    terima kasih.. ariza makassar

  69. Halo Sup, ane pingin kenal neh, ente kerja dimana sih? idenya cukup bagus, ane yang asli anak lampung aja sampe gak kepikiran begitu.

  70. mas supriyanto kalo bisa kirimrn aku data2 situs arkeologi lampung barat dong,thanks ya.

  71. nyak jelma way kanan, terima kasih wat informasi tentang lampung ram sai ram banggako.
    untuk sai haga ratong tulung tampilko profil kabupaten way kanan. terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: